Khawatir Kerusuhan Meluas, Iran Tangkap Ayah dari Ikon Perjuangan Mahsa Amini

Sabtu, 16 September 2023 - 18:09 WIB
loading...
A A A
Laporan tersebut mengutip seorang pejabat di provinsi Kurdistan yang mengatakan: "Sejumlah agen yang berafiliasi dengan kelompok kontra-revolusioner yang berencana menciptakan kekacauan dan menyiapkan umpan media ditangkap pada dini hari tadi."

Dalam protes setelah kematian Amini, lebih dari 500 orang, termasuk 71 anak di bawah umur, tewas, ratusan terluka dan ribuan ditangkap, kata kelompok hak asasi manusia. Iran melakukan tujuh eksekusi terkait dengan kerusuhan tersebut.

Dalam sebuah laporan bulan lalu, Amnesty International mengatakan pihak berwenang Iran "telah melakukan penangkapan dan penahanan sewenang-wenang terhadap keluarga korban, menerapkan pembatasan yang kejam terhadap pertemuan damai di lokasi kuburan, dan menghancurkan batu nisan korban".

Banyak jurnalis, pengacara, aktivis, pelajar, akademisi, artis, tokoh masyarakat dan anggota etnis minoritas yang dituduh memiliki hubungan dengan gelombang protes, serta keluarga pengunjuk rasa yang tewas dalam kerusuhan tersebut, telah ditangkap, dipanggil, diancam atau dipecat dari pekerjaannya. dalam beberapa minggu terakhir, menurut kelompok hak asasi manusia Iran dan Barat.

Harian Etemad Iran melaporkan pada bulan Agustus bahwa pengacara keluarga Amini juga menghadapi tuduhan “propaganda melawan sistem”. Jika terbukti bersalah, Saleh Nikbakht menghadapi hukuman penjara antara satu hingga tiga tahun.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)