Rusia Penjarakan Warganya karena Selundupkan Komponen Rudal ke AS

Sabtu, 16 September 2023 - 09:56 WIB
loading...
Rusia Penjarakan Warganya karena Selundupkan Komponen Rudal ke AS
Sergei Kabanov, pria Rusia yang dihukum penjara 12,5 tahun karena selundupkan komponen rudal Rusia ke Amerika Serikat. Foto/FSB via TASS
A A A
MOSKOW - Pengadilan Rusia menghukum seorang pria lokal selama 12,5 tahun penjara atas tuduhan pengkhianatan. Pria tersebut dinyatakan bersalah karena mengirimkan komponen rudal ke Amerika Serikat (AS).

Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia mengumumkan hal itu pada Jumat (15/9/2023), ketika seorang pejabat tinggi negara itu mengeklaim bahwa ratusan mata-mata asing telah ditangkap.

Berita tentang putusan pengadilan—yang diumumkan dalam pernyataan FSB melalui media Rusia—terjadi sehari setelah Moskow mengatakan pihaknya mengusir dua diplomat senior AS yang dituduh bekerja dengan warga negara Rusia untuk mengumpulkan informasi sensitif.



Washington merespons dengan mengatakan tindakan Rusia itu sepenuhnya diambil tanpa alasan.

Hubungan antara Moskow dan Washington—pendukung utama keuangan dan militer Kyiv—telah jatuh ke level terendah sejak krisis rudal Kuba tahun 1962 karena perang Rusia di Ukraina. Perang ini telah menjadi kebuntuan besar, di mana rahasia perangkat keras militer dapat membuat perbedaan di medan perang.

FSB, penerus utama KGB era Soviet, mengatakan pengadilan di wilayah Tver telah menghukum Sergei Kabanov (32), pria kelahiran Moskow, dengan hukuman 12,5 tahun penjara dengan keamanan maksimum karena menyelundupkan komponen yang digunakan dalam sistem pertahanan rudal dan sistem senjata berbasis radar Rusia ke AS.

Disebutkan bahwa Kabanov bertindak atas perintah badan intelijen AS dan telah menyelundupkan komponen melalui Latvia ke sebuah perusahaan AS yang berbasis di Alabama dan berada di bawah kendali Departemen Pertahanan AS.

Belum jelas bagaimana Kabanov menyelundupkan komponen rudal tersebut. Belum ada komentar langsung dari Kedutaan AS di Moskow.

Rekaman video FSB yang dirilis melalui kantor berita TASS menunjukkan momen penangkapan Kabanov.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)
pixels