Negara UE Usulkan Larangan Penuh pada Barang-barang Rusia

Sabtu, 16 September 2023 - 05:15 WIB
loading...
Negara UE Usulkan Larangan Penuh pada Barang-barang Rusia
Perdana Menteri (PM) Rumania Ion-Marcel Ciolacu. Foto/antena 3
A A A
BUKARES - Uni Eropa (UE) harus berhenti membeli gas alam dan barang-barang lainnya dari Rusia, menurut Perdana Menteri (PM) Rumania Ion-Marcel Ciolacu.

Ciolacu berpendapat langkah itu harus dilakukan meskipun tindakan drastis tersebut akan merugikan “sedikit kenyamanan” UE sebagai akibat dari harga yang lebih tinggi.

Berbicara kepada harian Austria Der Standard pada Kamis, pemimpin Rumania tersebut menyerukan semua negara anggota UE mencapai kemerdekaan dari energi Rusia sesegera mungkin.

Dia mengklaim negara tetangganya dan calon negara UE, Moldova, telah melakukannya.

“Selalu ada solusi, bahkan untuk permasalahan ekonomi yang sulit sekalipun. Itu sebabnya saya yakin akan tepat jika kita melarang penjualan gas Rusia atau barang-barang Rusia ke UE dan negara-negara demokratis,” ujar dia.

Austria secara historis bergantung pada gas alam Rusia dan tidak memiliki pilihan mudah untuk menghapuskannya secara bertahap, menurut kepemimpinan negara tersebut.



Ciolacu mengklaim Austria membayar “uang darah” ketika membeli bahan bakar dari Rusia.

Perdana Menteri Rumania itu mengatakan harga yang harus dibayar UE untuk usulan larangan tersebut akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga yang harus dibayar oleh Ukraina dalam konflik yang sedang berlangsung.

Ciolacu mendesak para pemimpin Uni Eropa “mengingat apa yang sebenarnya akan terjadi jika Federasi Rusia menang” dalam perang melawan Kiev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)