Dahsyatnya Banjir Libya, Mayat-mayat Terdampar di Pantai

Rabu, 13 September 2023 - 21:25 WIB
loading...
A A A
“Orang-orang tertidur dan tidak ada yang siap,” katanya kepada Reuters. “Kami kehilangan 30 orang sejauh ini, 30 anggota keluarga yang sama. Kami belum menemukan siapa pun,” ujarnya.

Badan migrasi PBB, Organisasi Internasional untuk Migrasi, mengatakan setidaknya 30.000 orang telah mengungsi di Derna.

“Hal yang paling penting bagi tim pencari adalah kami membutuhkan tas untuk mayat,” Lutfi al-Misrati, direktur tim pencarian, mengatakan kepada Al Jazeera dalam sebuah wawancara telepon.

Kehancuran terlihat jelas dari titik-titik tinggi di atas Derna, di mana pusat kota yang padat penduduk, yang dibangun di sepanjang dasar sungai musiman, kini menjadi tanah datar berbentuk bulan sabit dengan hamparan air berlumpur yang berkilauan di bawah sinar matahari, seluruh bangunannya tersapu.



Saat Reuters sedang dalam perjalanan untuk kembali ke kota pada hari Rabu, konvoi bantuan dan truk yang membawa buldoser terlihat masuk ke kota itu.

Foto-foto satelit kota tersebut sebelum dan sesudah bencana menunjukkan bahwa jalur air sempit yang melewati pusat kota kini menjadi lebar, dan semua bangunan yang berada di sepanjang jalur tersebut telah hilang. Di bagian lain kota, bangunan-bangunan juga tersapu.

Operasi penyelamatan diperumit oleh perpecahan politik yang mendalam di negara berpenduduk 7 juta orang yang tidak memiliki pemerintahan pusat yang kuat dan terus berperang sejak pemberontakan yang didukung NATO yang menggulingkan Muammar Gaddafi pada tahun 2011.

Pemerintah Persatuan Nasional (GNU) yang diakui secara internasional berbasis di Tripoli, di barat, sementara pemerintahan paralel beroperasi di timur, termasuk Derna.

Perdana Menteri Libya yang berbasis di Tripoli, Abdulhamid al-Dbeibah, menyebut banjir tersebut sebagai bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ketua Dewan Kepresidenan Libya Mohammed al-Menfi menyerukan persatuan nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1939 seconds (0.1#10.140)