Swedia Pertimbangkan Kirim Jet Tempur Gripen ke Ukraina

Selasa, 12 September 2023 - 20:36 WIB
loading...
Swedia Pertimbangkan Kirim Jet Tempur Gripen ke Ukraina
Swedia pertimbangkan kirim jet tempur gripen ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
STOCKHOLM - Pemerintah Swedia sedang mempertimbangkan untuk menyumbangkan jet tempur Gripen ke Ukraina untuk membantunya melawan Rusia. Demikian laporan radio publik Swedia (SR) Selasa (12/9/2023) mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

"Pemerintah ingin mengetahui, antara lain, bagaimana penyerahan ini akan berdampak pada kemampuan pertahanan Swedia dan seberapa cepat Swedia bisa mendapatkan pesawat tempur Gripen baru," bunyi laporan SR seperti dikutip dari Al Arabiya.

Menurut laporan tersebut, pemerintah Swedia mungkin secara resmi meminta angkatan bersenjata pada hari Kamis untuk secara resmi mempertimbangkan masalah ini.



Kementerian Pertahanan Swedia tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait laporan ini.

Sebelumnya Belanda dan Denmark telah memimpin upaya untuk memasok Ukraina dengan jet tempur F-16 buatan AS buat membantu melawan superioritas udara Rusia dalam perang tersebut.

Menurut laporan SR, Ukraina berharap menerima satu divisi jet Gripen, yang dibuat oleh Saab Swedia, atau sekitar 16-18 unit pesawat.



Swedia tahun ini menyatakan akan memberikan kesempatan kepada pilot Ukraina untuk menguji Gripen, namun pemerintah juga mengatakan pihaknya membutuhkan semua pesawatnya untuk mempertahankan wilayah Swedia.

Pemimpin oposisi bulan lalu mengatakan Swedia harus bersiap mengirim Gripen ke Ukraina setelah negara itu menyelesaikan aksesinya ke aliansi pertahanan NATO yang dipimpin AS, yang masih menunggu ratifikasi dari negara anggota NATO lainya yaitu Turki dan Hongaria.

Swedia sebelumnya telah membantu Ukraina dengan memasok senjata seperti tank, sistem antipesawat, dan kendaraan tempur infanteri lapis baja Tipe 90.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)