Putin: Barat Hancurkan Sistem Ekonomi Global

Selasa, 12 September 2023 - 19:40 WIB
loading...
Putin: Barat Hancurkan Sistem Ekonomi Global
Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Barat menghancurkan sistem ekonomi global. Foto/Fortune
A A A
VLADIVOSTOK - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan negara-negara Barat sedang menghancurkan kerangka hubungan ekonomi global yang telah mereka bantu bangun. Ia menambahkan bahwa banyak negara yang menentang hal ini.

Berbicara pada sesi pleno Forum Ekonomi Timur di Vladivostok, Putin menyatakan bahwa lanskap perekonomian internasional sedang berubah karena beberapa negara, terutama negara-negara Barat, menghancurkan sistem keuangan, perdagangan, dan hubungan ekonomi negara dengan tangan mereka sendiri.

Namun, dikatakan oleh Putin, aktivitas destruktif ini terjadi bersamaan dengan perluasan kerja sama bisnis nyata, yang melibatkan banyak negara di dunia yang menolak tekanan eksternal dan mengejar kepentingan nasional mereka sendiri.

“Mereka tidak memprioritaskan peristiwa-peristiwa politik yang bersifat sementara, namun promosi proyek-proyek mereka sendiri... yang membawa manfaat langsung dan jangka panjang bagi masyarakat mereka,” kata Putin seperti dikutip dari RT, Selasa (12/9/2023).



Ia menambahkan bahwa hal ini mengarah pada munculnya model internasional baru yang dibentuk bukan oleh standar-standar Barat dan melayani 'miliar emas' terpilih, tetapi juga seluruh umat manusia dan dunia multipolar yang sedang berkembang.

Pernyataan Putin muncul setelah Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov awal bulan ini mengatakan bahwa kelompok ekonomi BRICS – yang baru-baru ini mengumumkan ekspansi yang belum pernah terjadi sebelumnya – dan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) mendapatkan pengaruh internasional yang lebih besar karena banyak negara berusaha untuk mengabaikan lembaga-lembaga internasional yang didominasi negara-negara Barat yang gagal mengatasi keluhan mereka.

Pada bulan Juni, ia juga memperkirakan bahwa satu dari empat negara di dunia akan terkena sanksi oleh Amerika Serikat (AS) atau negara-negara Eropa. Menurut Lavrov, ini berarti Barat menggunakan ekonomi global sebagai instrumen pemaksaan, pemerasan, dan hukuman.

Negara-negara Barat menjatuhkan sanksi yang sangat keras terhadap Rusia terkait konflik di Ukraina, termasuk pembekuan emas dan cadangan devisa Rusia senilai sekitar USD600 miliar, sebuah tindakan yang dikutuk Moskow sebagai “pencurian.”

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)