Joe Biden: Saya Tak Ingin Mengekang China, tapi....

Senin, 11 September 2023 - 10:25 WIB
loading...
Joe Biden: Saya Tak Ingin Mengekang China, tapi....
Presiden Amerika Serikat Joe Biden sebut dirinya tak ingin mengekang China, namun Beijing ingin mengubah aturan main dalam hal perdagangan. Foto/REUTERS
A A A
HANOI - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada hari Minggu bersikeras bahwa dia tidak ingin mengekang China ketika perseteruan kedua negara semakin mendalam dalam masalah perdagangan, keamanan, dan hak asasi manusia (HAM).

Biden mengatakan dia telah bertemu dengan Perdana Menteri China Li Qiang pada KTT G20 di New Delhi—pertemuan yang belum diumumkan oleh Gedung Putih—dan membahas “stabilitas”.

Presiden AS itu mengungkapkan pertemuannya di Hanoi, di mana pada hari sebelumnya dia menyetujui kesepakatan untuk memperdalam hubungan dengan Vietnam ketika Washington berupaya memperkuat jaringan sekutunya di Asia dan Pasifik dalam menghadapi meningkatnya pengaruh Beijing.



Washington dan Beijing berselisih dalam berbagai masalah global, dan Biden menuduh China berusaha mengubah tatanan internasional sesuai keinginan mereka.

“Salah satu hal yang terjadi saat ini adalah China mulai mengubah beberapa aturan mainnya, dalam hal perdagangan dan masalah lainnya,” kata Biden pada konferensi pers, seperti dikutip AFP, Senin (11/9/2023).

Washington telah banyak berinvestasi dalam membangun aliansi sebagai bagian dari strategi Indo-Pasifik, termasuk dialog keamanan Quad dengan India, Australia, dan Jepang, serta pakta AUKUS dengan Inggris dan Australia.

Namun dia menegaskan Amerika Serikat tidak berusaha untuk mengekang China, melainkan untuk menetapkan aturan dasar yang jelas dalam hubungan.

"Saya tidak ingin mengekang China. Saya hanya ingin memastikan bahwa kita memiliki hubungan dengan China yang terus meningkat, jujur, semua orang tahu apa yang sedang terjadi," katanya.

Presiden China Xi Jinping absen dari KTT G20 karena Beijing dan Delhi berselisih mengenai masalah teritorial dan lainnya.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)