Gempa Maroko Tewaskan Lebih dari 2.000 Orang, Penyintas Tidur di Tempat Terbuka

Minggu, 10 September 2023 - 06:43 WIB
loading...
Gempa Maroko Tewaskan Lebih dari 2.000 Orang, Penyintas Tidur di Tempat Terbuka
Seorang wanita dan seorang anak duduk di tempat terbuka di Marrakesh, menyusul gempa bumi dahsyat mengguncang Maroko pada 9 September 2023. Foto/REUTERS/Hannah McKay
A A A
AMIZMIZ - Para penyintas gempa bumi di Maroko berkumpul untuk bermalam di tempat terbuka di Pegunungan High Atlas pada Sabtu waktu setempat, sehari setelah gempa paling mematikan mengguncang negara itu dalam lebih dari enam dekade yang menewaskan lebih dari 2.000 orang dan menghancurkan desa-desa.

Para warga masih mencari korban selamat yang terkubur di lereng, di mana rumah-rumah dari batu bata lumpur, batu dan kayu kasar retak dan menara masjid roboh akibat gempa yang terjadi pada Jumat malam. Kota tua bersejarah Marrakesh juga mengalami kerusakan parah.

Kementerian Dalam Negeri Maroko mengatakan 2.012 orang tewas dan 2.059 orang terluka, termasuk 1.404 orang dalam kondisi kritis. Survei Geologi AS mengatakan gempa tersebut berkekuatan 6,8 skala Richter dengan pusat gempa sekitar 72 km barat daya Marrakesh.

Di desa Amizmiz dekat pusat gempa, petugas penyelamat mengangkat puing-puing dengan tangan kosong. Batu-batu yang runtuh menghalangi jalan-jalan sempit. Di luar rumah sakit, sekitar 10 jenazah tergeletak dalam selimut sementara kerabat yang berduka berdiri di dekatnya.

“Ketika saya merasakan bumi berguncang di bawah kaki saya dan rumah miring, saya bergegas mengeluarkan anak-anak saya. Namun tetangga saya tidak bisa,” kata Mohamed Azaw seperti dikutip dari Reuters, Minggu (10/9/2023).

Sayangnya tidak ada seorang pun yang ditemukan hidup di keluarga itu. Ayah dan anak laki-lakinya ditemukan tewas dan mereka masih mencari ibu dan putrinya.

Tim penyelamat berdiri di atas lantai satu bangunan di Amizmiz, dengan potongan karpet dan furnitur menonjol dari puing-puing. Antrian panjang terbentuk di luar satu-satunya toko yang buka ketika orang-orang mencari perbekalan makanan. Menggarisbawahi tantangan yang dihadapi tim penyelamat, batu-batu besar yang berjatuhan menghalangi jalan dari Amizmiz ke desa terdekat.

Hampir semua rumah di kawasan Asni, sekitar 40 km selatan Marrakesh, rusak, dan penduduk desa bersiap untuk bermalam di luar. Persediaan makanan terbatas karena atap dapur runtuh, kata warga desa Mohamed Ouhammo.



Montasir Itri, warga Asni, mengatakan pencarian korban selamat terus dilakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)