6 Fakta Kebiasaan Unik Penduduk Ikaria di Yunani untuk Memiliki Umur Panjang

Jum'at, 08 September 2023 - 05:41 WIB
loading...
6 Fakta Kebiasaan Unik Penduduk Ikaria di Yunani untuk Memiliki Umur Panjang
Penduduk Ikaria memiliki kebiasaan unik agar memiliki usia yang panjang. Foto/Greek Travel
A A A
ATHENA - Zona Biru adalah wilayah di dunia yang penduduknya biasanya hidup lebih lama dari rata-rata. Salah satunya Zona Biru itu adalah Ikaria, Yunani , di mana hal biasa bagi orang-orang untuk tetap aktif hingga usia 90an.

Ikaria, terletak di Laut Aegea, adalah salah satu dari banyak pulau di Yunani. Yang membedakannya adalah berapa lama penghuninya hidup. Dikenal sebagai pulau umur panjang, satu dari tiga penduduknya mencapai usia 90-an, dan tingkat demensia serta beberapa penyakit kronis lainnya sangat rendah.

Pulau ini merupakan salah satu dari lima Zona Biru di dunia, yang merupakan wilayah di dunia yang rata-rata penduduknya hidup satu dekade lebih lama dibandingkan rata-rata penduduk di AS atau Eropa Barat.

The Guardian melaporkan, di Ikaria, masyarakat juga cenderung memiliki tingkat kanker, penyakit jantung, dan depresi yang lebih rendah dibandingkan di AS.

Zona Biru pertama, Sardinia di Italia, diidentifikasi oleh peneliti Gianni Pes dan Michel Poulain, dan konsep ini dibangun oleh Dan Buettner, yang menyebutkan empat nama lagi dan telah mengeksplorasi kebiasaan dan gaya hidup orang-orang di lima lokasi di masa lalu sekitar 20 tahun.

Berikut adalah 6 kebiasaan warga Ikaria agar memiliki usia panjang.

1. Bercinta hingga Usia Tua

6 Fakta Kebiasaan Unik Penduduk Ikaria di Yunani untuk Memiliki Umur Panjang

Foto/Greek Travel

Ikaria adalah sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 30 mil dari pantai Turki dengan populasi sekitar 8.400 jiwa.

Karena lokasi geografisnya, wilayah ini secara historis menjadi sasaran invasi negara-negara tetangga, yang menurut Buettner memaksa penduduknya tinggal di pedalaman, yang mengarah pada budaya terisolasi yang berakar kuat dalam kehidupan keluarga.

Tetap aktif hingga usia 90-an adalah hal biasa di sana, begitu pula tetap aktif secara seksual hingga usia tua. Sebuah studi tentang Ikaria dari Universitas Athena menunjukkan 80% pria Ikarian berusia antara 65 dan 100 tahun masih berhubungan seks.


2. Mengonsumsi Buah dan Sayuran

6 Fakta Kebiasaan Unik Penduduk Ikaria di Yunani untuk Memiliki Umur Panjang

Foto/Greek Travel

Orang Ikarian mengikuti Diet Mediterania, yang berfokus pada buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian serta membatasi daging, makanan olahan, dan gula rafinasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)