5 Alasan Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah

Kamis, 07 September 2023 - 17:28 WIB
loading...
5 Alasan Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah
Turis Vietnam mengenakan kostum tradisional Thailand berfoto selfie di kuil Wat Arun menjelang Tahun Baru Imlek di Bangkok, Thailand, 18 Januari 2023. Foto/REUTERS/Chalinee Thirasupa
A A A
BANGKOK - Thailand yang sebelumnya dikenal sebagai Siam adalah salah satu dari sedikit negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh kekuatan asing.

Saat banyak negara di wilayah ini jatuh di bawah cengkeraman kolonialisme selama abad ke-19 dan awal abad ke-20, Thailand berhasil mempertahankan kedaulatannya.

Ada beberapa alasan yang menjelaskan mengapa Thailand tidak pernah dijajah negara manapun, dan dalam artikel ini, kita akan menjelaskan lima alasan utama tersebut.

Alasan Mengapa Thailand Tidak Pernah Dijajah

1. Diplomasi Cerdas Raja Chulalongkorn (Rama V)


Salah satu alasan utama mengapa Thailand tetap merdeka adalah kepemimpinan bijak Raja Chulalongkorn yang juga dikenal sebagai Rama V, dari tahun 1868 hingga 1910.

Beliau mengenali ancaman kolonialisme yang menghampiri dan dengan cerdas mengadopsi kebijakan-kebijakan modernisasi dan reformasi.

Dalam prosesnya, Thailand berhasil mempertahankan kedaulatannya dan menjaga hubungan yang baik dengan kekuatan-kekuatan Eropa, terutama Inggris dan Prancis, yang pada saat itu bersaing untuk memperluas wilayah kolonial mereka di Asia Tenggara.

2. Modernisasi


Thailand berusaha mengikuti jejak negara-negara Eropa dengan melakukan modernisasi di berbagai aspek, seperti mengadopsi pola hidup, meningkatkan pendidikan, memperkuat militer, dan mengembangkan teknologi.

Tujuannya adalah agar saat orang Eropa datang ke Thailand, mereka melihat bahwa masyarakat Thailand memiliki tingkat pengetahuan yang cukup sehingga dapat dianggap sebagai mitra yang setara.

3. Thailand Berada di Wilayah “Buffer State”


Alasan selanjutnya adalah Thailand yang saat itu masih bernama Siam, berada di wilayah Buffer State, atau biasa disebut sebagai daerah penyangga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)