Daftar Negara ASEAN dengan Penduduk Paling Banyak, Siapa Nomor Satu?

Kamis, 07 September 2023 - 14:27 WIB
loading...
Daftar Negara ASEAN dengan Penduduk Paling Banyak, Siapa Nomor Satu?
Indonesia menjadi negara dengan penduduk paling banyak di ASEAN. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations merupakan sebuah organisasi politik dan ekonomi yang terdiri dari 10 negara anggota di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

ASEAN didirikan pada tahun 1967 yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan budaya serta untuk meningkatkan perdamaian dan keamanan di kawasan tersebut.

Dari sekian banyaknya negara yang tergabung di ASEAN, masing-masing memiliki sumber daya yang berbeda-beda. Salah satunya mengenai sumber daya manusia yang berbeda jumlahnya.

Berikut urutan negara ASEAN dengan penduduk paling banyak:

1. Indonesia


Indonesia menduduki peringkat pertama dengan jumlah penduduknya yang mencapai 274.790.244 jiwa. Data tersebut dihasilkan berdasarkan hasil sensus penduduk yang dikutip dari laman resmi dukcapil.kemendagri.

2. Filiphina


Di urutan kedua ada Filipina dengan jumlah penduduk mencapai 116.471.300 jiwa. Negara yang terkenal sebagai negara Katolik terbesar di dunia ini terletak di Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik.

3. Vietnam


Vietnam adalah negara yang berbatasan dengan Laos, Kamboja, dan Cina. Negara yang juga kaya akan budaya ini mempunyai jumlah penduduk yang mencapai 98.376.882 jiwa.

4. Thailand


Selanjutnya ada Thailand yang diketahui memiliki jumlah penduduk mencapai 69.037.513 jiwa. Thailand adalah negara yang terletak di Semenanjung Indochina dan memiliki bentuk wilayah seperti gajah.

5. Myanmar


Myanmar memiliki sejarah yang panjang dan kompleks yang melibatkan berbagai etnis dan agama. Maka tak heran jika negara yang satu ini memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak, yakni 53,370,609 jiwa.

6. Malaysia


Malaysia adalah negara yang terdiri dari dua bagian, yaitu Semenanjung Malaysia dan Malaysia Timur. Jumlah penduduk dari negara yang satu ini diketahui sudah mencapai 33.633.500 jiwa.

7. Kamboja


Kemudian ada negara Kamboja. Negara ini terletak di Semenanjung Indochina dan berbatasan dengan Thailand, Laos, dan Vietnam. Kamboja memiliki penduduk yang cukup banyak, yaitu 15,848,495 jiwa.

8. Laos


Laos memiliki populasi mayoritas Buddha Theravada dan budaya yang sederhana dan ramah. Soal penduduknya, negara ini mempunyai penduduk yang terbilang banyak, yakni 6,492,400 jiwa.

9. Singapura


Singapura adalah negara pulau kecil yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaysia. Negara yang menjadi salah satu pusat perdagangan dunia ini mempunyai penduduk yang berjumlah 5,612,300 jiwa.

10. Timor Leste


Timor Leste merupakan sebuah negara demokrasi yang dipimpin oleh seorang presiden. Negara yang memilih merdeka dari Indonesia ini diketahui memiliki jumlah penduduk sekitar 1,167,242 jiwa.

11. Brunei Darussalam


Brunei Darussalam adalah negara monarki absolut yang dipimpin oleh Sultan. Negara ini menjadi negara dengan jumlah penduduk yang paling sedikit di ASEAN, yakni 422,678 jiwa.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)