Apa Kelebihan Jet Tempur F-35 dengan Teknologi TR-3? Ini 5 Buktinya

Kamis, 07 September 2023 - 05:09 WIB
loading...
Apa Kelebihan Jet Tempur F-35 dengan Teknologi TR-3? Ini 5 Buktinya
F-35 menjadi pesawat andalan AS dalam beberapa tahun ke depan. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Jet tempur F-35 terus dikembangkan dengan teknologi terkini. Salah satunya adalah Technology Refresh 3 atau dikenal dengan TR-3.

Tim uji pengembangan dari Skuadron Uji Penerbangan 461 melakukan beberapa uji penerbangan F-35 Lightning II dalam konfigurasi TR-3 di Pangkalan Angkatan Udara Edwards. Namun, Lockheed Martin telah menyatakan pengembangan teknologi tersebut menjadikan pengiriman pesawat canggih tersebut mengalami penundaan.

Berikut adalah 5 kelebihan jet tempur F-35 dengan TR-3.

1. Meningkatkan Kemampuan Perang

Apa Kelebihan Jet Tempur F-35 dengan Teknologi TR-3? Ini 5 Buktinya

Foto/Reuters

Mayor Ryan Luersen, seorang pilot uji coba eksperimental Angkatan Udara A.S., mengemudikan misi tersebut dengan nomor ekor AF-7, sebuah pesawat uji terbang dengan instrumen khusus dan yang pertama dengan upgrade TR-3 terpasang.

Dia melaksanakan pemeriksaan profil penerbangan fungsional untuk memverifikasi kelaikan udara pesawat dan stabilitas sistem. Penerbangan selama 50 menit, yang membawa jet tersebut ke ketinggian 35.000 kaki dengan kecepatan sedikit di bawah kecepatan suara di atas Gurun Mojave, menandai dimulainya kampanye uji penerbangan ekstensif.

Penerbangan uji pengembangan dan operasional akan berlanjut hingga tahun 2023 untuk memastikan keselamatan dan membuktikan kemampuan perang.

“Ini adalah pencapaian yang signifikan untuk program F-35, kata Letjen Mike Schmidt, pejabat eksekutif program F-35 Joint Program Office. “TR-3 adalah pemutakhiran elektronik pemrosesan komputer penting pada F-35 yang akan terus memberikan semua pilot kami kemampuan yang mereka butuhkan untuk berhasil melawan musuh apa pun. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan saya yakin bahwa mitra industri dan tim pemerintah kami akan menyelesaikan pekerjaannya.”


2. Meningkatkan Presisi Serangan Rudal

Apa Kelebihan Jet Tempur F-35 dengan Teknologi TR-3? Ini 5 Buktinya

Foto/Reuters

TR-3 memberikan tenaga komputasi untuk mendukung kemampuan Blok 4 yang dimodernisasi untuk F-35 termasuk: rangkaian sensor baru, senjata presisi jarak jauh yang lebih banyak, fitur peperangan elektronik yang ditingkatkan, fusi data yang lebih kuat, dan peningkatan interoperabilitas lintas platform.

Kemampuan-kemampuan ini memberi pesawat tempur keunggulan tempur untuk mengidentifikasi, melacak, terlibat, dan bertahan melawan ancaman-ancaman canggih di udara, darat, dan dunia maya.

3. Meningkatkan Performa pada Setiap Fitur Pesawat

Apa Kelebihan Jet Tempur F-35 dengan Teknologi TR-3? Ini 5 Buktinya

Foto/Reuters

TR-3 secara signifikan memperbarui kekuatan pemrosesan inti dan kapasitas memori, yang memungkinkan F-35 menjalankan perangkat lunak canggih yang dikemas dengan kemampuan perang tercanggih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)