alexametrics

Duterte: Gunakan Bensin untuk Disinfektan Masker, Ini Bukan Bercanda

loading...
Duterte: Gunakan Bensin untuk Disinfektan Masker, Ini Bukan Bercanda
Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Foto/REUTERS/Lean Daval Jr/File Photo
A+ A-
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada hari Jumat (31/7/2020) menyampaikan seruan aneh. Dia menyerukan rakyatnya menggunakan bensin sebagai desinfektan untuk masker pelindung wajah dan menegaskan seruannya itu bukan bercanda.

Pemimpin yang terkenal blakblakan ini pada pekan lalu membuat pernyataan yang sama tentang pengunaan bensin pada masker jika pembersih tidak tersedia. Juru bicaranya mengatakan itu adalah lelucon dan mengingatkan publik bahwa Duterte sering mengatakan hal-hal yang bercanda.

"Apa yang saya katakan ini benar," kata Duterte saat pidato di televisi pada hari Jumat. "Pergi saja ke pompa bensin, lalu ambil beberapa tetes, itu desinfektan," katanya lagi.

"Saya tidak bercanda. Ini benar. Anda pikir saya hanya bercanda," ujarnya. (Baca: Raja Salman Desak Filipina Ambil 50 Jenazah Warganya Korban Covid-19)



Memakai masker sejak Maret adalah wajib di Filipina, yang telah mengonfirmasi hampir 90.000 kasus infeksi virus corona baru (Covid-19) dan lebih dari 2.000 kematian.

Filipina melaporkan lonjakan harian terbesar di Asia Tenggara dalam kasus virus corona baru untuk hari kedua berturut-turut pada hari Jumat, ketika Duterte memperpanjang pembatasan untuk menghambat penyebaran virus. Dia berjanji bahwa Filipina normal akan kembali pada bulan Desember.



Para ahli medis mengatakan bahwa tips Duterte untuk membersihkan masker tidak direkomendasikan.

"Anda tidak dapat menggunakan bensin sebagai disinfektan. Menghirupnya dapat menyebabkan bahaya dan dapat menyebabkan lebih banyak masalah seperti penyakit pernapasan," kata Jose Santiago, Presiden Asosiasi Medis Filipina, kepada Reuters.

Pakar kesehatan merekomendasikan sabun dan air untuk membersihkan masker kain yang dapat digunakan kembali, dan 70 persen etil atau isopropil alkohol untuk desinfeksi yang tepat. (Baca juga: Duterte Umumkan Idul Adha sebagai Hari Libur Nasional Filipina)

Ketika pertama kali Duterte menyarankan menggunakan bensin pada masker, beberapa lawan politiknya mengecam dan menganggapnya sebagai nasihat yang berbahaya.

"Jangan mencoba ini di rumah," kata Senator Risa Hontiveros di Twitter."Cek fakta; Bensin dan solar tidak boleh digunakan dalam disinfektan."
(min)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak