AS Tembakkan Rudal Antarbenua Minuteman III, Tunjukkan Kesiapan Kekuatan Nuklir

Rabu, 06 September 2023 - 20:03 WIB
loading...
AS Tembakkan Rudal Antarbenua Minuteman III, Tunjukkan Kesiapan Kekuatan Nuklir
Amerika Serikat menguji tembak rudal balistik antarbenua Minuteman III untuk menunjukkan kesiapan kekuatan nuklir. Foto/US Air Force via Mail Online
A A A
CALIFORNIA - Militer Amerika Serikat (AS) telah menguji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III, Rabu (6/9/2023) dini hari. Misil yang dilesatkan dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, California, ini untuk menunjukkan kesiapan kekuatan nuklir.

ICBM Minuteman III berhasil dilesatkan sekitar pukul 01.26 dini hari. Misil yang diuji tembak ini tidak membawa hulu ledak.

Militer Amerika menggambarkan uji tembak misil raksasa ini sebagai uji coba rutin yang dijadwalkan bertahun-tahun sebelumnya. Meski demikian, ini terjadi ketika perang Rusia-Ukraina sedang berkecamuk dan perseteruan AS dengan Korea Utara juga terus memanas.

Komando Serangan Global Angkatan Udara AS mengatakan tujuan dari uji peluncuran ICBM ini adalah untuk memvalidasi dan memverifikasi keselamatan, keamanan, efektivitas, dan kesiapan sistem senjata nuklir.



Kolonel Bryan Titus, wakil komandan Space Launch Delta 30, adalah pemegang otoritas keputusan peluncuran untuk rudal tak berhulu ledak tersebut.

“Para Penerbang dan Garda yang melakukan misi penting ini adalah personel yang paling terlatih dan berdedikasi di Angkatan Udara Amerika,” kata Titus.

"Uji coba peluncuran ini menunjukkan kesiapan kekuatan nuklir AS dan memberikan keyakinan akan tingkat kematian dan efektivitas penangkal nuklir negara ini," paparnya, seperti dikutip dari Mail Online.

Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg adalah rumah bagi Skuadron Uji Penerbangan ke-576 Komando Serangan Global Angkatan Udara, yang merupakan satu-satunya skuadron uji ICMB khusus di AS.

Juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder mengatakan pada hari Selasa bahwa AS mengirimkan pemberitahuan pra-peluncuran ke Kode Etik Den Haag.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)