Profil PM Timor Leste Xanana Gusmao yang Cium Tangan Iriana Jokowi

Rabu, 06 September 2023 - 12:10 WIB
loading...
Profil PM Timor Leste Xanana Gusmao yang Cium Tangan Iriana Jokowi
Perdana Menteri (PM) Timor Leste Xanana Gusmao mencium tangan Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo. Foto/setpres
A A A
DILI - Perdana Menteri (PM) Timor Leste Xanana Gusmao kini mendadak menjadi sorotan publik pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (5/9/2023).

Pasalnya, dia mencium tangan Iriana Joko Widodo, saat tiba di gedung acara tersebut. Momen menarik itu terjadi ketika Ibu Negara Iriana sedang mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan para pemimpin ASEAN di JCC.

Dia kemudian juga menyalami Presiden Jokowi dan melanjutkan dengan sesi berfoto bersama. Gusmao lalu mengisi buku tamu sebelum dirinya masuk ruangan pertemuan KTT ke-43 ASEAN.

Gusmao sendiri merupakan tokoh penting yang ada di Timor Leste. Ia menjadi salah satu tokoh yang turut serta membangun dan menjaga kedaulatan negaranya hingga sekarang. Untuk mengenal lebih jauh tentang Gusmao, simak ulasan berikut.

Profil Xanana Gusmao


Xanana Gusmao adalah seorang politikus Timor Leste yang lahir pada 20 Juni 1946 di Laleia, Manatuto, Timor Portugis. Ia berasal dari suku Timor Galoli, Makasae, dan Midiki.

Keluarganya adalah petani sederhana. Namun, orang tua Katoliknya, Antonia Hendrique Gusmao dan Manuel Gusmao, mengenyam pendidikan di sekolah Katolik dan menjadi katekis.

Gusmao memulai karir militernya pada tahun 1975 sebagai anggota Falintil (Forcas Armadas de Libertacao Nacional de Timor-Leste), organisasi yang berjuang untuk kemerdekaan Timor Leste dari Indonesia. Ia kemudian menjadi Panglima Falintil ke-4 dari Maret 1981 hingga 20 November 1992.

Setelah Timor Leste merdeka dari Indonesia pada tahun 2002, Gusmao terpilih sebagai Presiden pertama negara itu dan menjabat hingga 2007.

Ia kemudian menjadi Perdana Menteri negara itu dari 2007 hingga 2015. Pada 1 Juli 2023, ia dilantik sebagai Perdana Menteri untuk kedua kalinya.

Gusmao adalah pemimpin Partai Kongres Nasional Rekonstruksi Timor sejak 30 April 2007. Partai ini merupakan partai politik terbesar di Timor Leste saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)