6 Fakta Burning Man, Festival Budaya Tandingan Kontroversial yang Terganggu Hujan dan Banjir

Selasa, 05 September 2023 - 20:35 WIB
loading...
6 Fakta Burning Man, Festival Budaya Tandingan Kontroversial yang Terganggu Hujan dan Banjir
Festival Burning Man terganggu karena cuaca dan bencana banjir. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Badai yang tidak biasa terjadi di akhir musim panas telah mengubah festival budaya tandingan yang berlangsung selama seminggu di Amerika Serikat bagian barat menjadi berantakan.

Sekitar 70.000 pengunjung pesta Burning Man terjebak di lumpur dalam di gurun utara Nevada di tengah berkurangnya persediaan air dan makanan.

Namun penyelenggara Burning Man membuka kembali jalan menuju festival gurun terpencil di Nevada pada hari Senin, sehingga puluhan ribu orang dapat melarikan diri dari lokasi festival yang diguyur hujan.

“Operasi eksodus secara resmi telah dimulai di Black Rock City,” demikian keterangan situs web festival mengumumkan pada Senin sore. “Larangan mengemudi telah dicabut.”

Banyak dari 64.000 orang yang masih berada di lokasi diperkirakan akan tetap tinggal untuk menyaksikan patung festival tersebut dibakar, sebuah acara yang dijadwalkan pada Senin malam pukul 9 malam – satu hari melebihi jadwal.

Berikut adalah 6 fakta tentang festival Burning Man.

1. Festival Budaya Bandingan

6 Fakta Burning Man, Festival Budaya Tandingan Kontroversial yang Terganggu Hujan dan Banjir

Foto/Reuters

Burning Man adalah festival yang digambarkan sebagai “ekosistem global yang terdiri dari seniman, pencipta, dan pengorganisir komunitas yang bersama-sama menciptakan seni, acara, dan inisiatif lokal di seluruh dunia”.

Festival ini mendapatkan namanya dari acara puncaknya, pembakaran bangunan kayu besar yang disebut “Manusia” pada malam kedua dari belakang. Tujuannya adalah untuk menjadi peristiwa yang tidak dapat dijelaskan, antara perayaan budaya tandingan dan retret spiritual.

Penonton festival duduk di kursi perkemahan sambil memandangi lokasi Burning Man. Mereka mengenakan pakaian berwarna merah, hijau dan kuning.

Selama acara, “pembakar” biasanya datang berkelompok dan mendirikan “perkemahan” bertema, siap berkontribusi pada “ekonomi hadiah” festival dengan menyediakan barang atau jasa tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

Acara ini telah diadakan sejak tahun 1986.

Tahun ini, festival Burning Manberlangsung dari 27 Agustus hingga 4 September, dan tiket reguler berharga USD575. Namun, saluran berita CNBC memperkirakan pengalaman tersebut dapat membuat pengunjung festival mengeluarkan biaya hingga USD1.500, jika penginapan, perjalanan, makanan, dan kostum juga diperhitungkan.


2. Digelar di Gurun Black Rock

6 Fakta Burning Man, Festival Budaya Tandingan Kontroversial yang Terganggu Hujan dan Banjir

Foto/Reuters

Festival ini diadakan di Black Rock City, sebuah komunitas sementara yang dibentuk di tengah Gurun Black Rock di barat laut Nevada.

Lokasinya jauh dari kota besar dan sekitar 227 km utara Reno. Selama festival, para peserta sering menyebut area tersebut sebagai “playa” – meskipun tahun ini, area tersebut telah diubah namanya menjadi “playa basah”.

3. Terganggu Hujan Deras

6 Fakta Burning Man, Festival Budaya Tandingan Kontroversial yang Terganggu Hujan dan Banjir

Foto/Reuters

Curah hujan lebih dari 13mm (0,5 inci) turun di lokasi festival pada hari Jumat, mengganggu perayaan tersebut.

Untuk wilayah Reno, curah hujan rata-rata sepanjang bulan September adalah 5,4 mm (0,21 inci), kata Mark Deutschendorf, ahli meteorologi dari Layanan Cuaca Nasional di kota tersebut.

“Di mana pun, mulai dari Reno hingga kawasan Burning Man, Black Rock, kami telah melampauinya – dan ini baru tiga hari dalam sebulan,” tambahnya.

Penutupan jalan diberlakukan tepat sebelum patung kayu raksasa festival tersebut seharusnya dibakar pada Sabtu malam. Penyelenggara mengatakan semua pembakaran telah ditunda, dan pihak berwenang berupaya membuka rute keluar pada akhir akhir pekan Hari Buruh.

Selain itu, satu kematian dilaporkan di festival tersebut. Para pejabat di Pershing County mengatakan pria itu berusia 40-an, namun penyebab kematiannya belum diumumkan. Investigasi sedang dilakukan.

Penyelenggara Burning Man mengatakan kematian itu “tidak ada hubungannya dengan cuaca”.


4. Tidak Boleh Menggunakan Mobil dan Truk

6 Fakta Burning Man, Festival Budaya Tandingan Kontroversial yang Terganggu Hujan dan Banjir

Foto/Reuters

Sejak tahun 1997, Burning Man melarang pengunjung festival menggunakan mobil dan truk selama acara berlangsung, kecuali dalam keadaan khusus.

Pengunjung dapat menggunakan mobil mereka untuk tiba di kamp dan berangkat – namun harus menghindari kendaraan bermotor selama festival itu sendiri.

Black Rock City menyebut dirinya terutama sebagai “untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda”, dengan pengecualian mobil staf dan layanan, serta “kendaraan mutan” artistik yang berpatroli di area festival.

“Selama bertahun-tahun, kami telah melihat cedera parah dan bahkan kematian akibat kecelakaan kendaraan,” jelas situs web festival tersebut.

Hujan tahun ini juga menyebabkan penyelenggara menutup jalan masuk dan keluar festival, sehingga banyak peserta yang terlantar.

5. Kekacauan yang Luar Biasa

6 Fakta Burning Man, Festival Budaya Tandingan Kontroversial yang Terganggu Hujan dan Banjir

Foto/Reuters

Karena festival ditutup untuk lalu lintas kendaraan bermotor, pengunjung harus berjalan dengan susah payah melewati lumpur, banyak yang bertelanjang kaki atau dengan kantong plastik di kaki mereka. Penyelenggara pada hari Senin melarang pejalan kaki untuk mencoba mencapai County Road 34, karena lalu lintas padat akibat “eksodus”.

Masyarakat yang bersuka ria juga didesak untuk menghemat persediaan makanan dan air, dan sebagian besar tetap bertahan di lokasi.

Namun, ada pula yang berhasil berjalan ke kota terdekat atau menumpang kendaraan di sana.

Selebriti DJ Diplo memposting video ke Instagram pada hari Sabtu yang menunjukkan dia dan komedian Chris Rock mengendarai truk pick-up milik penggemar. Dia mengatakan mereka berjalan 10 km (6 mil) melalui lumpur sebelum menumpang.

“Saya sah berjalan di pinggir jalan selama berjam-jam dengan ibu jari teracung,” tulis Diplo, yang bernama asli Thomas Wesley Pentz.

6. Ribuan Pengunjung Terdampar

6 Fakta Burning Man, Festival Budaya Tandingan Kontroversial yang Terganggu Hujan dan Banjir

Foto/Reuters

Mereka yang tetap bertahan menggambarkan komunitas yang tangguh dan mampu memanfaatkan kondisi buruk ini sebaik-baiknya. Banyak yang mengunggah foto selfie berlumuran lumpur, menari, atau bermain air di danau darurat.

“Kami belum menyaksikan hal-hal negatif atau masa-masa sulit apa pun,” kata penyelenggara Theresa Galeani.

Beberapa peserta mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa banyak kendaraan yang berangkat sejak dini hari, banyak yang kesulitan melewati air limbah yang diguyur hujan.

Pintu keluarnya melalui jalan tanah tak beraspal sepanjang 8 km (lima mil) menuju jalan raya terdekat. Foto-foto yang dibagikan secara online menunjukkan kendaraan-kendaraan rekreasi yang besar dan kuat tenggelam hingga ke pelek ban dalam lumpur, dan beberapa di antaranya menggunakan papan di bawah roda untuk membantu mendapatkan traksi.

Penyelenggara mendesak pengunjung pesta untuk mempertimbangkan berangkat pada hari Selasa untuk “mengurangi kemacetan dalam jumlah besar” yang diperkirakan terjadi pada hari Senin.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)