Pilot Rusia Membelot ke Ukraina Serukan Rekan-rekan Mengikutinya: 'Anda Tak Akan Menyesal'

Selasa, 05 September 2023 - 07:25 WIB
loading...
Pilot Rusia Membelot ke Ukraina Serukan Rekan-rekan Mengikutinya: Anda Tak Akan Menyesal
Kapten Maskym Kuzminov, pilot militer Rusia yang membelot ke Ukraina, serukan rekan-rekannya melakukan hal yang sama. Foto/Pravda
A A A
KYIV - Pilot helikopter militer Rusia berusia 28 tahun yang membelot ke Ukraina bulan lalu menyerukan rekan-rekannya untuk melakukan hal yang sama.

Seruan itu dirilis Intelijen Pertahanan Ukraina, di mana dia menyampaikan pesan kepada rekan-rekannya; "Anda tidak akan menyesalinya sama sekali.”

Maskym Kuzminov, yang diidentifikasi oleh pejabat Ukraina sebagai kapten helikopter Mi-8AMTSh Rusia yang mendarat di pangkalan udara militer di Kharkiv pada bulan Agustus, berbicara secara terbuka tentang keputusannya untuk membelot dari Angkatan Udara Rusia.



Dia berbicara dalam film dokumenter "Downed Russian Pilots" yang diunggah di YouTube pada hari Minggu dan disiarkan di stasiun televisi Ukraina.

Identitas Kuzminov belum bisa diverifikasi secara independen. Namun saluran Telegram yang terkait dengan outlet berita independen Rusia; The Project, mengatakan pihaknya telah mengonfirmasi identitas pilot tersebut.

Kepala Intelijen Pertahanan Ukraina Kyrylo Budanov mengatakan bahwa kesepakatan telah dicapai dengan Kuzminov setelah Kyiv berjanji untuk membawa keluarga pilot tersebut keluar dari Rusia dengan selamat.

Kapten Kuzminov dilaporkan ditempatkan di wilayah Primorye timur sebagai bagian dari resimen helikopter terpisah ke-319 Rusia dan mengatakan bahwa dia sendiri yang menghubungi intelijen Ukraina.

“Saya menghubungi perwakilan intelijen Ukraina, menjelaskan situasi saya,” kata Kuzminov, menurut bagian wawancaranya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh intelijen Ukraina, yang dilansir Newsweek, Selasa (5/9/2023).

“Saya ditawari jaminan keamanan, dokumen baru, kompensasi uang, hadiah. Kami mendiskusikan detailnya dan mulai merencanakan penerbangan saya secara langsung," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)