Kim Jong-un dan Vladimir Putin Akan Bertemu, Bahas Pasokan Senjata?

Selasa, 05 September 2023 - 02:45 WIB
loading...
Kim Jong-un dan Vladimir Putin Akan Bertemu, Bahas Pasokan Senjata?
Pemimpin Korut Kim Jong-un akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto/The New Yokr Times
A A A
WASHINGTON - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berencana melakukan perjalanan ke Rusia bulan ini untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin . Diduga pertemuan itu kemungkinan akan membahas pasokan senjata untuk perang di Ukraian,

Demikian laporan media yang berbasis di Amerika Serikat (AS), New York Times, pada hari Senin mengutip sumber-sumber AS dan sekutu.

"Kim akan melakukan perjalanan dari Pyongyang, mungkin dengan kereta lapis baja, ke Vladivostok, di Pantai Pasifik Rusia, di mana ia akan bertemu dengan Putin," lapor surat kabar itu seperti disitir dari Al Arabiya, Selasa (5/9/2023).



Terkait laporan itu, Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Perjalanan yang direncanakan ini akan dilakukan ketika Rusia membahas diadakannya latihan militer gabungan dengan Korea Utara dan setelah Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mencoba melakukan kunjungan ke Korea Utara untuk meyakinkan Pyongyang agar menjual amunisi artileri ke Rusia.

AS sebelumnya telah memperingatkan bahwa Korea Utara dapat memberikan lebih banyak senjata kepada Rusia, yang pasukannya menginvasi Ukraina pada Februari 2022, sebuah perang yang ditentang keras oleh Amerika Serikat dan sekutunya di Eropa dan yang oleh Moskow disebut sebagai “operasi militer khusus.”

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan pada 30 Agustus bahwa Amerika Serikat khawatir bahwa negosiasi senjata antara kedua negara mengalami kemajuan yang aktif.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)