PM Malaysia: Ketegangan dengan Korut Sudah Berakhir

Kamis, 30 Maret 2017 - 22:15 WIB
PM Malaysia: Ketegangan dengan Korut Sudah Berakhir
PM Malaysia: Ketegangan dengan Korut Sudah Berakhir
A A A
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyatakan, ketegangan diplomatik dengan Korea Utara (Korut) telah berakhir. Hal itu disampaikan Najib melalui akun Twitter pribadinya.
Dalam kicauannya, Najib menuturkan, seluruh warga Malaysia yang tertahan di Korut saat ini sudah keluar dari negara tersebut. Keluarnya warga Malaysia tersebut, lanjut Najib, adalah penanda berakhirnya ketegangan dengan Korut.
"Alhamdulillah, pesawat yang membawa pulang sembilan rakyat Malaysia telah keluar ruang udara Korut. Krisis diplomatik sudah berakhir," kicau Najib pada Kamis (30/3).
Seperti diketahui, ketegangan antara Malaysia dan Korut diawali oleh tewasnya kakak tiri pemimpin Korut, Kim Jong-un, yakni Kim Jong-nam di bandara internasional Kuala Lumpur. Malaysia menuding pemerintah Korut berada di balik pembunuhan Jong-nam.
Kuala Lumpur kemudian melarang warga Korut untuk keluar dari negara mereka, yang direspon langkah yang sama oleh Korut. Setidaknya 13 warga Malaysia "ditahan" Korut, mayoritas dari mereka adalah staf Kedutaan Besar Malaysia di Pyongyang.
Empat warga Malaysia, yang bekerja untuk badan PBB di Korut telah dibebaskan sebelumnya pada bulan lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3495 seconds (0.1#10.140)