Profil Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Muslim Pertama Ukraina

Senin, 04 September 2023 - 13:14 WIB
loading...
Profil Rustem Umerov, Menteri Pertahanan Muslim Pertama Ukraina
Rustem Umerov, Muslim pertama yang menjadi Menteri Pertahanan Ukraina. Foto/Voice of America
A A A
KYIV - Rustem Umerov ditunjuk Presiden Volodymyr Zelensky sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) baru Ukraina. Dia menggantikan posisi Oleksii Rezkinov yang dipecat di tengah perang yang sedang berlangsung dengan Rusia.

Keputusan itu diambil Zelensky di tengah tindakan keras terhadap korupsi di Ukraina.

Sebelum digantikan, Rezinkov merupakan Menhan yang telah menjabat sejak November 2021. Di bawah kepemimpinannya, Kementerian Pertahanan Ukraina digerogoti korupsi ketika bantuan militer Barat mengalir besar-besaran.

Profil Rustem Umerov


Rustem Umerov merupakan anggota terkemuka komunitas Tatar Crimea yang telah mewakili wilayahnya dalam negosiasi sensitif dengan Rusia.

Sebelum ditunjuk sebagai Menhan Ukraina, pria Muslim berusia 41 tahun ini menjabat sebagai kepala dana privatisasi utama Ukraina. Dia memimpin Dana Properti Negara sejak September 2022.

Umerov lahir di Soviet Uzbekistan pada 1982. Ketika masih muda, dia dan orang tuanya harus pindah ke Crimea setelah diasingkan oleh pemerintahan Stalin.

Mengutip The Guardian, pria Muslim ini menjalankan bisnis telekomunikasi pada 2004 dan terpilih menjadi anggota Parlemen pada 2019.

Sejak terjun ke politik, Umerov dipercaya untuk menjabat sebagai salah satu ketua Platform Crimea, sebuah upaya diplomatik internasional yang bertujuan untuk membalikkan aneksasi Semenanjung Crimea oleh Rusia pada 2014.

Dia telah bertahun-tahun menjabat sebagai penasihat pemimpin yang bersejarah di daratan Tatar Crimea, Mustafa Dzemilev.

Komunitas Tatar Crimea, yang mencakup 12-15% dari dua juta penduduk Crimea, adalah sekelompok orang yang memboikot pemungutan suara yang dilakukan oleh Moskow, ketika mereka hendak merebut kendali Crimea dari Ukraina pada 2014.

Dari situlah sosok Umerov dipandang sebagai salah satu orang yang memperjuangkan tanah Ukraina dari tangan Rusia karena merupakan salah satu anggota tersohor dari komunitas Tatar Crimea.

Penunjukan Rustem Umerov sebagai Menhan Ukraina telah menjadikannya sebagai pria Muslim pertama yang menjabat sebagai Menhan sepanjang sejarah negara itu.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)