Profil Ihor Kolomoisky, Donatur Zelensky yang Ditangkap dalam Pemberantasan Korupsi

Minggu, 03 September 2023 - 21:06 WIB
loading...
Profil Ihor Kolomoisky, Donatur Zelensky yang Ditangkap dalam Pemberantasan Korupsi
Miliarder Ihor Kolomoisky, yang jadi donatur Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam kampanye pemilihan presiden tahun 2019, ditangkap dalam tindakan pemberantasan korupsi. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Miliarder Ihor Kolomoisky, yang menjadi donatur Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam kampanye pemilihan presiden tahun 2019, ditangkap pihak berwenang dalam tindakan pemberantasan korupsi.

Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengumumkan penangkapan miliarder tersebut pada Sabtu (2/9/2023).

Kolomoisky adalah pendiri PrivatBank, organisasi keuangan terbesar di Ukraina.

Menurut SBU, dia ditangkap atas tuduhan penipuan dan pencucian uang.



Surat kabar The Kyiv Independent melaporkan bahwa pengadilan memerintahkan agar Kolomoisky ditahan hingga 31 Oktober, dan uang jaminan ditetapkan sebesar Hr509 juta (USD14 juta).

“Telah ditetapkan bahwa selama tahun 2013-2020, Ihor Kolomoisky melegalkan lebih dari setengah miliar hryvia dengan membawanya ke luar negeri, sambil menggunakan infrastruktur lembaga perbankan yang dikendalikan,” tulis SBU dalam sebuah pernyataan.

Penangkapannya terjadi ketika Ukraina terus memberantas korupsi di pemerintahan, yang merupakan prasyarat utama bagi masuknya negara itu ke dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Uni Eropa (UE).

Bergabung dengan NATO menjadi tujuan utama Zelensky di tengah invasi Rusia yang dimulai pada Februari 2022.

Dukungan Kolomoisky terhadap Zelensky selama pemilihan presiden Ukraina tahun 2019 sempat menimbulkan keheranan di masa lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)