Mengapa Kanada Tutup Perbatasan bagi Pencari Suaka?

Sabtu, 02 September 2023 - 19:22 WIB
loading...
Mengapa Kanada Tutup Perbatasan bagi Pencari Suaka?
Kanada menjadi negara yang ramah terhadap pengungsi sehingga menjadi tujuan utama bagi para pencari suaka. Foto/Reuters
A A A
OTTAWA - Kesepakatan yang dibuat Kanada tahun ini untuk membendung arus pencari suaka yang masuk dari Amerika Serikat (AS).

Pada pandangan pertama, merupakan keberhasilan yang cepat. Dalam beberapa hari, jumlah orang yang tertangkap di penyeberangan tidak resmi di sepanjang perbatasan menyusut. menjadi tetesan.

Namun lima bulan kemudian, jumlah keseluruhan orang yang mengajukan klaim pengungsi di Kanada meningkat dan bukannya menurun. Banyak di antara mereka yang datang melalui udara, sementara yang lain menyelinap melintasi perbatasan dan bersembunyi sampai mereka dapat mengajukan permohonan suaka tanpa takut dipulangkan.

Mengapa Kanada menutup perbatasannya bagi pencari suaka? Berikut adalah 5 jawabannya.

1. Terlalu Banyak Imigran yang Putus Asa

Mengapa Kanada Tutup Perbatasan bagi Pencari Suaka?

Foto/Reuters

Angka-angka tersebut menunjukkan betapa sulitnya bagi negara-negara untuk menutup pintu bagi orang-orang yang putus asa dan tantangan yang dapat ditimbulkan oleh jumlah pencari suaka yang tidak terduga: Di Toronto, ratusan orang tidur di jalanan pada musim panas ini ketika mereka berjuang untuk mendapatkan tempat tidur.

“Kenyataannya adalah menutup perbatasan tidak akan menyelesaikan masalah perlunya perlindungan,” kata Shauna Labman, seorang profesor dan penjabat direktur Program Hak Asasi Manusia di Universitas Winnipeg, dilansir Reuters. “Itu hanya menambah keputusasaan.”

2. Awalnya Kanada Bangga sebagai Negara yang Ramah Imigran, Kini Sebaliknya

Mengapa Kanada Tutup Perbatasan bagi Pencari Suaka?

Foto/Reuters

Kanada bangga menerima imigran dan bertujuan untuk mendatangkan setengah juta penduduk tetap baru pada tahun 2025 untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja yang parah. Namun mereka berupaya untuk mencegah mereka yang mengajukan permohonan suaka, terutama melalui perjanjian dengan AS yang menyatakan bahwa setiap negara akan menolak pencari suaka.

Namun, tahun lalu saja, lebih dari 39.000 pencari suaka memasuki Kanada melalui penyeberangan tidak resmi - sebagian besar ke Quebec melalui jalan tanah di Roxham Road di New York, sehingga mendorong provinsi tersebut untuk mengeluh bahwa mereka tidak dapat menangani kedatangan para pencari suaka. Pencari suaka tertarik dengan reputasi Kanada atas pemrosesan yang lebih cepat dan penerimaan permohonan suaka yang lebih besar dibandingkan dengan AS.

Sebagai tanggapannya, Kanada dan Amerika Serikat pada bulan Maret mengubah pakta pencari suaka mereka yang telah berumur dua dekade, yaitu Perjanjian Negara Ketiga yang Aman. Perjanjian tersebut kini berlaku di perbatasan darat kedua negara sepanjang 4.000 mil, bukan hanya di pelabuhan masuk.

Perjanjian yang diperluas ini menyebabkan penurunan drastis jumlah orang yang dicegat di penyeberangan informal – turun menjadi dua digit pada bulan April hingga Juli dari 4.173 pada bulan Maret.

Namun secara keseluruhan, jumlah pencari suaka yang memasuki Kanada meningkat. Jumlah total klaim pengungsi yang diajukan di Kanada meningkat pada bulan Juli menjadi 12.010 – jumlah bulanan tertinggi setidaknya sejak Januari 2017 – dan naik dari 10.120 pada bulan Maret, menurut data dari departemen imigrasi, pengungsi dan kewarganegaraan.

3. Jumlah Pencari Suaka Terus Meningkat

Mengapa Kanada Tutup Perbatasan bagi Pencari Suaka?

Foto/Reuters

Angka yang lebih tinggi ini disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang mengajukan klaim pengungsi di bandara atau kantor departemen imigrasi setempat – sering kali berhari-hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan setelah tiba di negara tersebut.

Jumlah permohonan pengungsi di bandara mencakup sepertiga dari seluruh klaim pengungsi yang diajukan pada bulan Juli, naik dari sekitar 16% pada bulan Maret. Pengajuan klaim di kantor imigrasi menyumbang sekitar 54% dari total klaim di bulan Juli, naik dari sekitar sepertiga di bulan Maret.

Lima negara teratas yang mengajukan klaim pada paruh pertama tahun ini adalah Meksiko, Haiti, Turki, Kolombia, dan India – meskipun jumlah tersebut termasuk negara-negara yang mengajukan permohonan sebelum perluasan pakta AS.

4. Kanada Memberikan Perlindungan yang Aman

Mengapa Kanada Tutup Perbatasan bagi Pencari Suaka?

Foto/Reuters

Setidaknya salah satu alasan kedatangan pengungsi baru-baru ini adalah karena Kanada termasuk di antara negara-negara yang dianggap menawarkan perlindungan yang aman, sementara tekanan perang, perubahan iklim dan pelanggaran hak asasi manusia memaksa lebih banyak orang untuk mengungsi.

Uni Eropa, misalnya, baru-baru ini memperkenalkan pakta pencari suaka yang memungkinkan negara-negara untuk lebih cepat memulangkan sejumlah migran. Pemerintah Inggris sedang mendorong penerapan undang-undang yang mempermudah pengiriman pencari suaka ke Rwanda, sementara pemerintahan Presiden AS Joe Biden telah memperkenalkan aturan yang mempersulit migran untuk menerima suaka jika mereka melintasi perbatasan AS secara ilegal.

“Jika Anda adalah orang yang mencoba mengambil keputusan seperti ini, maka Kanada adalah pilihan yang lebih tepat,” kata Craig Damian Smith, peneliti di Pusat Studi Pengungsi di Universitas York.

“Dunia sedang menghadapi arus migran dan pengungsi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan Kanada juga tidak kebal terhadap tren ini,” kata Remi Lariviere, juru bicara departemen tersebut, dalam sebuah pernyataan.

Lariviere mengatakan Kanada mengubah perjanjian dengan AS untuk mengatasi penyeberangan yang “tidak teratur” dan bahwa perluasan tersebut “tidak berarti bahwa permintaan suaka tidak akan dilakukan di Kanada sama sekali.”

Mereka yang mengajukan klaim beberapa hari atau minggu setelah mereka tiba di Kanada berharap untuk menghindari klausul dalam perjanjian yang diperluas dengan AS yang menyatakan bahwa setiap pencari suaka yang ditangkap dalam waktu dua minggu setelah melintasi perbatasan akan dikembalikan kecuali mereka memenuhi pengecualian yang sempit.

5. Banyak Kasus Perdagangan Manusia

Mengapa Kanada Tutup Perbatasan bagi Pencari Suaka?

Foto/Reuters

Hal ini mendorong beberapa orang untuk menyeberang tanpa terdeteksi, terkadang dengan bantuan penyelundup, dan bersembunyi hingga jangka waktu dua minggu berlalu.

Pusat Pengungsi di Montreal mengatakan pihaknya membantu empat keluarga dalam satu hari pada minggu lalu yang telah bersembunyi selama dua minggu setelah menyeberang melalui darat ke negara tersebut.

“Sayangnya ini bukan jalan yang aman bagi mereka,” kata Direktur Eksekutif Abdulla Daoud kepada Reuters. “Ini mempromosikan aktor-aktor jahat yang mengambil keuntungan dari orang-orang ini.”

Direktur Eksekutif Pusat Pengungsi FCJ di Toronto, Loly Rico mengungkapkan, sekitar 20% hingga 30% pendatang baru mengatakan mereka menyeberang ke Kanada tanpa terdeteksi dan bersembunyi dengan bantuan penyelundup.

Reuters berbicara dengan 10 orang yang mencari status pengungsi yang baru saja tiba di Toronto, kota terbesar di Kanada. Mereka antara lain berasal dari Sudan, Uganda, Meksiko. Semua tiba dengan pesawat, dengan visa yang sah di tangan. Beberapa mengajukan klaim pengungsi beberapa hari atau minggu setelah kedatangan mereka.

Meskipun mereka pergi karena berbagai alasan, mulai dari kekerasan dalam rumah tangga hingga perang, hal yang paling menarik bagi mereka adalah reputasi Kanada dalam melindungi hak asasi manusia dan menyediakan perlindungan.

“Ini negara pertama yang saya pikirkan,” kata Hana Bakhit. Wanita berusia 35 tahun asal Sudan yang dilanda perang ini mengatakan bahwa dia mengajukan permohonan visa pengunjung pada bulan Mei, terbang ke Kanada pada bulan Juli dan mengajukan klaim pengungsi dua minggu kemudian.

Dia telah tidur di masjid dan gereja, setiap hari menelepon tempat penampungan di pusat kota Toronto untuk mencari tempat tidur, namun dia diberitahu bahwa tempat penampungan tersebut tidak tersedia. Meski begitu, dia menganggap dirinya beruntung berada di Kanada.

Dengan ditutupnya sebagian besar perbatasan darat Kanada, sistem suaka kini lebih menguntungkan orang-orang seperti Bakhit yang bisa mendapatkan visa dan tiket pesawat, kata pengacara pengungsi Maureen Silcoff.

“Beberapa kelompok masyarakat yang paling rentan masih dilarang mengakses sistem Kanada dan saya pikir kita harus merenungkan ketidakadilan dalam pembangunan tersebut,” kata Silcoff.

Grace Nanziri, 42 tahun, termasuk di antara mereka yang memiliki hak istimewa untuk mendapatkan visa dan tiket penerbangan: dia mengajukan permohonan visa pengunjung Kanada ketika advokasi LGBTQ-nya menjadikannya target di negara asalnya, Uganda.

Setelah menunggu satu tahun untuk mendapatkan visa, dia terbang ke Toronto pada bulan Agustus - tertarik dengan reputasi Kanada dalam melindungi hak asasi manusia, katanya.

"Mereka ingin membunuh saya," katanya. “Itulah sebabnya saya datang ke Kanada.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)