Perbandingan Kekuatan Militer China, Jepang, Korea Utara dan Korea Selatan, Mana yang Paling Kuat?

Jum'at, 01 September 2023 - 20:06 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer China, Jepang, Korea Utara dan Korea Selatan, Mana yang Paling Kuat?
Rudal ditampilkan selama parade militer untuk menandai ulang tahun ke-75 berdirinya tentara Korea Utara, di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, Korea Utara, 8 Februari 2023. Foto/KCNA/REUTERS
A A A
BEIJING - Perbandingan kekuatan militer antara China, Jepang, Korea Utara (Korut), dan Korea Selatan (Korsel) ini menarik untuk diketahui, mengingat keempat negara tersebut adalah negara superior di kawasan Asia Timur.

Selain menjadi negara yang cukup superior, keempat negara ini juga punya hubungan yang buruk. Baik itu dari sisi China dan Jepang maupun dari kubu Korea Selatan dan Korea Utara.

Dua pasang negara ini memang telah menjadi musuh bebuyutan, di mana semuanya berawal dari Perang Dunia II.

Saat ini keempat wilayah di Asia Timur itu telah dikenal sebagai negara yang punya kekuatan militer besar.

Perbandingan Kekuatan Militer China, Jepang, Korea Utara dan Korea Selatan

1. China


China menjadi negara terkuat di wilayah Asia Timur menurut Global Fire Power dengan menduduki peringkat ke-3 dunia, tepat di bawah Amerika Serikat dan Rusia.

Hal tersebut membuat kekuatan militer China berada di atas angin bila dibandingkan dengan negara seperti Jepang, Korea Selatan, maupun Korea Utara.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya anggota militer yang dimiliki, yakni mencapai lebih dari 624 juta personel. Mereka juga didukung dengan 4.950 tank dan ribuan persenjataan artileri.

Dari sisi angkatan udara, Tiongkok punya lebih dari 1.000 pesawat tempur, dan 913 helikopter penyerang. Untuk armada angkatan lautnya, China didukung oleh 78 kapal selam, 50 destroyer, dan tiga kapal induk.

2. Jepang


Setelah China, Jepang menjadi negara yang punya kekuatan terbesar selanjutnya di Asia Timur. Negeri Sakura menduduki posisi ke-8 dunia dalam situs Global Fire Power.

Terdapat sekitar 43 juta personel siap tempur di Negeri Matahari Terbit. Mereka nantinya akan disokong oleh lebih dari 1.000 tank, dan ratusan artileri yang jumlahnya lebih sedikit dibanding China.

Beralih ke Angkatan Udara, Jepang punya sekitar 217 pesawat tempur dan 199 helikopter. Sementara di armada laut, negara ini memiliki 21 kapal selam, 36 destroyer, dan 4 kapal induk.

3. Korea Selatan


Korea Selatan yang berada di urutan ke-6 dunia ini mengungguli Jepang dalam situs Global Fire Power.

Meskipun hanya memiliki sekitar 21 juta personel, Korsel memiliki jumlah amunisi yang lebih banyak ketimbang Jepang.

Misalnya saja seperti Jumlah tank Negeri Gingseng yang diperkirakan sekitar 2.331, dan total ribuan artileri.

Jumlah armada angkatan udara Korea Selatan juga lebih banyak yakni sekitar 402 unit pesawat tempur. Meski begitu mereka memiliki jumlah helikopter serang yang sedikit lebih kecil yakni 112 unit.

Sementara di angkatan laut Korea Selatan punya kekuatan yang sedikit lebih kecil ketimbang Jepang, sebab hanya memiliki 22 kapal selam, 13 destroyer, dan 2 unit kapal induk.

4. Korea Utara


Meskipun Korea Utara kerap memamerkan kekuatan militernya di media, namun kekuatan mereka rupanya tidaklah semenakutkan itu. Sebab negara ini hanya berada di posisi ke-34 dunia di situs Global Fire Power.

Dari total tentara, Korea Utara hanya punya sekitar 5 juta personel. Meski begitu, mereka disokong oleh jumlah tank yang besar yakni 6.645 unit, yang membuatnya jauh lebih banyak ketimbang China.

Selain itu total artileri yang dimiliki negara ini juga lebih besar daripada China.

Untuk angkatan udara, Korut dibekali dengan 458 pesawat tempur yang membuatnya lebih unggul dari Korea Selatan dan Jepang. Meski begitu, mereka hanya memiliki 20 helikopter serang.

Hal menonjol dari Korut juga terlihat dari jumlah kapal selam yang dimiliki, yakni sekitar 35 unit. Membuatnya kembali lebih unggul dari Jepang dan Korsel. Sayangnya mereka tidak memiliki kapal destroyer dan kapal induk.

Dari sejumlah data tersebut dapat disimpulkan bahwa China menjadi yang punya kekuatan militer terbesar di Asia Timur.

Kemudian disusul oleh Korea Selatan dan Jepang. Sementara untuk Korea Utara yang lebih berfokus pada unit serangan juga tak bisa dipandang sebelah mata.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)