Italia: Diterpa Terorisme hingga Brexit, Uni Eropa Makin Kuat

Rabu, 22 Maret 2017 - 00:39 WIB
Italia: Diterpa Terorisme hingga Brexit, Uni Eropa Makin Kuat
Italia: Diterpa Terorisme hingga Brexit, Uni Eropa Makin Kuat
A A A
JAKARTA - Italia meyakini Uni Eropa (UE) semakin kuat meski diterpa banyak masalah mulai dari pengungsi, terorisme hingga keluarnya Inggris dari keanggotaan UE (Brexit). Italia merupakan salah satu pendiri UE.

Komentar itu disampaikan Duta Besar Italia untuk Indonesia Vittorio Sandalli. Menurutnya, Italia bersama enam negara lain menandatangani Perjanjian Roma pada 25 Maret 1957 dan memelopori berdirinya Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE), cikal bakal UE.

Dubes Sandalli mengatakan solidaritas antara negara anggota UE akan terus menebal, seiring dengan semakin kencangnya masalah yang datang menerpa.

”UE saat ini sedang membentuk visinya. Apa yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir dinilai oleh banyak negara UE sebagai kesempatan untuk memperkuat mekanisme kami dan mencari perspektif baru untuk persekutuan,” katanya.

“UE dinilai sebagai salah satu organisasi paling maju di komunitas internasional,” lanjut dia, saat berbicara di seminar 60 tahun UE bertajuk "From Rome 1957 to Today: The European Integration and Its Future" di bilangan Jakarta Selatan pada Selasa (21/3/2017).

”Beberapa bulan belakangan ada keraguan dan tantangan, tetapi untuk jangka panjang saya pikir tidak ada alternatif yang lebih baik bagi negara-negara Eropa selain tetap bersatu,” katanya.

Selain Brexit, pengungsi, dan terorisme, UE juga bersitegang dengan Turki. Ketegangan ini disebabkan oleh ditolaknya permintaaan Turki untuk menggelar kampanye menjelang referendum di sejumlah negara UE.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5007 seconds (0.1#10.140)