Korut Klaim Sukses Uji Coba Mesin Rudal Baru

Minggu, 19 Maret 2017 - 12:41 WIB
Korut Klaim Sukses Uji Coba Mesin Rudal Baru
Korut Klaim Sukses Uji Coba Mesin Rudal Baru
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) dilaporkan telah berhasil melakukan uji coba mesin untuk rudal balistik antarbenua mereka. Uji coba ini dilakukan di stasiun peluncur rudal, Tongchang-ri.
Menurut laporan media Korut, KCNA, seperti dilansir Reuters pada Minggu (19/3), suksesnya uji coba ini disambut baik oleh pemimpin Korut, Kim Jong-un. Jong-un menyebut, suksesnya uji coba ini sebagai awal dari lahirnya industri rudal di Korut.
"Dia mencatat keberhasilan yang dibuat saat uji coba menandai peristiwa besar bersejarah penting karena dinyatakan sebagai kelahiran baru dari industri rudal yang berbasis Juche," bunyi laporan KCNA.
"Dia menekankan, seluruh dunia akan segera menyaksikan apa arti penting kemenangan besar dari uji coba yang berlangsung hari ini ke depannya," sambungnya.
Sejauh ini, baik Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) belum angkat bicara mengenai klaim terbaru yang dibuat oleh Korut tersebut. Namun, biasanya kedua negara tersebut akan memberikan respon dengan cukup keras.
Uji coba mesin baru ini sendiri hanya beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson menyatakan AS akan mengubah pendekatan terhadap Korut. Pendekatan baru ini termasuk menggunakan jalur militer untuk menekan Korut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4369 seconds (0.1#10.140)