5 Perbedaan Negara Irak dan Iran 

Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:32 WIB
loading...
5 Perbedaan Negara Irak dan Iran 
Iran dan Irak memiliki banyak perbedaan. Foto/Teheran Times
A A A
TEHERAN - Iran dan Irak adalah dua negara yang terletak di wilayah Timur Tengah yang kaya akan sejarah, budaya, dan geopolitik.

Meskipun mereka berbagi beberapa kesamaan, ada juga perbedaan signifikan antara keduanya. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa perbedaan kunci antara Irak dan Iran:

Perbedaan Negara Irak dan Iran

1. Sejarah Irak dan Iran

Irak: Irak memiliki warisan sejarah yang kaya, termasuk peradaban Mesopotamia yang merupakan salah satu peradaban tertua di dunia. Wilayah ini juga merupakan bagian dari Kekaisaran Persia, Kekhalifahan Islam, dan Kekaisaran Ottoman.

Seiring waktu, Irak menjadi tempat berbagai kelompok etnis dan agama, termasuk Arab, Kurd, dan Assyrian. Kebudayaan Irak memiliki pengaruh kuat dari sastra, seni, dan arsitektur kuno.

Iran: Iran juga memiliki sejarah yang panjang dan kaya, dengan warisan dari Kekaisaran Persia yang megah. Negara ini terkenal karena kontribusinya terhadap seni, arsitektur, puisi, dan matematika.

Iran memiliki sejarah Islam yang kuat dan merupakan pusat penting bagi Syi'ah Islam. Kebudayaan Iran mencerminkan perpaduan antara tradisi kuno dan modernitas.

2. Bahasa

Irak: Bahasa resmi dan umum di Irak adalah Bahasa Arab, dengan Bahasa Kurdi diakui sebagai bahasa resmi kedua di wilayah Kurdistan.

Iran: Bahasa resmi Iran adalah Bahasa Persia (Farsi), yang juga digunakan secara luas di berbagai bidang seperti sastra, media, dan pendidikan.

3. Bendera

Irak : Bendera Irak memiliki tiga garis horizontal yang sama berwarna merah, putih, dan hitam dari bendera Pembebasan Arab dan dalam aksara Kufi tertulis di tengahnya lagi Takbir.

Warna merah melambangkan keberanian dan perjuangan bangsa. Warna hitam melambangkan penindasan. Warna putih melambangkan masa depan Irak dan kemurahan hati rakyatnya. Hijau adalah warna yang diasosiasikan dengan Islam.

Iran : Bendera Iran adalah tiga warna yang terdiri dari garis-garis horizontal yang sama yaitu hijau, putih dan merah.

Takbir ʾAllāhu ʾakbar, artinya “Allah Maha Besar” dalam Aksara Kufi ditulis dengan warna putih sebanyak 22 kali di pinggiran pita. Di tengahnya ada simbol empat lekukan dan pedang berbentuk teratai.

Simbol negara yang paling populer sebelum Revolusi Iran adalah motif Singa dan Matahari yang dulunya merupakan bagian dari bendera Iran.

4. Batas Negara

Irak: Irak berbatasan dengan Turki, Iran, Suriah dan Yordania, dan di selatan dengan Arab Saudi dan Kuwait.

Iran : Iran berbatasan dengan Azerbaijan, Armenia, Turkmenistan, Pakistan dan Afghanistan dan di sebelah barat dengan Turki dan Irak.

5. Luas Wilayah

Irak: Irak adalah sebuah negara di Timur Tengah atau Asia Barat Daya, yang dihuni lebih dari 31 juta jiwa dengan luas mencapai 438.314 km².

Iran : Berbeda dengan Irak, Iran adalah negara yang jauh lebih besar dalam hal luas daratan, populasi Iran berjumlah 80 juta jiwa dengan luas wilayah mencapai 1,648 juta km².

Itulah 5 perbedaan negara Irak vs Iran, semoga informasi ini bermanfaat.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1023 seconds (0.1#10.140)