Mengapa Yevgeny Prighozin Dijuluki Koki Putin?

Selasa, 29 Agustus 2023 - 14:10 WIB
loading...
Mengapa Yevgeny Prighozin Dijuluki Koki Putin?
Yevgeny Prigozhin disebut sebagai Koki Putin. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Yevgeny Prighozin yang dikenal sebagai bos dari Wagner Group yang tewas akibat kecelakaan pesawat jet pribadi di dekat Moskow, pekan lalu, dijuluki sebagai koki Putin.

Sebelumya, dirinya dikenal sebagai oligarki Rusia dan pemimpin tentara bayaran yang merupakan orang kepercayaan Vladimir Putin hingga ia memulai pemberontakan pada Juni 2023.

Lantas apa penyebab Prighozin dijuluki koki Putin? berikut ulasannya:

Mengapa Yevgeny Prighozin Dijuluki Koki Putin?

Yevgeny Prigozhin lahir di St. Petersburg, yang juga merupakan kota kelahiran Vladimir Putin, Presiden Rusia.

Pada tahun 1979, ketika usianya masih 18 tahun, Prigozhin pernah menjalani hukuman pidana pertamanya berkat tuduhan pencurian, yang mengakibatkan dia dijatuhi hukuman percobaan selama dua setengah tahun.

Dua tahun berikutnya, tepatnya di tahun 1981, dia divonis 13 tahun penjara karena terlibat dalam perampokan dan pencurian, dengan menjalani hukuman sembilan tahun di dalam penjara.

Setelah dibebaskan dari masa tahanannya, Prigozhin mulai berjualan hot dog kaki lima di area St. Petersburg. Usaha kulinernya ini tumbuh dengan sukses, dan dalam beberapa tahun ke depan.

Pada era 1990-an yang dikenal cukup kontroversial, Prigozhin berhasil membuka sejumlah restoran mewah di kota tersebut.Di sinilah dia mulai menjalin relasi dengan tokoh-tokoh penting dan berpengaruh di St. Petersburg, dan kemudian di seluruh Rusia.



Salah satu dari restoran yang ia miliki, yang diberi nama New Island, berbentuk sebuah kapal yang mengarungi Sungai Neva. Saat itu Vladimir Putin sebelum menjabat sebagai presiden, sangat menyukai restoran ini.

Restoran milik Prigozhin menjadi restoran kesayangan Putin, hingga dirinya menjabat sebagai Presiden Rusia. Tak jarang Putin mengajak tamu - tamu kenegaraannya ke restoran milik Prigozhin.

Tak berhenti sampai disitu, Putin mempercayai menu makanan dari restoran milik Prigozhin pada perayaan ulang tahunnya di Pulau Baru pada tahun 2003.

Setelah beberapa tahun berlalu, perusahaan katering yang dimiliki oleh Prigozhin, bernama Concord, diundang untuk menyediakan makanan di Kremlin, sehingga Prigozhin mulai dijuluki sebagai "koki Putin".

Itulah mengapa Prigozhin dijuluki sebagai koki Putin, semoga informasi ini bermanfaat.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)