Profil Kepala Negara 6 Anggota Baru BRICS, Siapa Saja?

Selasa, 29 Agustus 2023 - 07:44 WIB
loading...
Profil Kepala Negara 6 Anggota Baru BRICS, Siapa Saja?
BRICS memiliki anggota baru yang merupakan ekspansi blok tersebut. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - BRICS belakangan ini telah mengumumkan anggota baru dari kelompoknya. Keputusan penambahan anggota baru tersebut diambil setelah mengadakan KTT BRICS pada 24 Agustus 2023 di Afrika Selatan.

Pada pertemuan tingkat tinggi kelima dari kelompok BRICS itu menghasilkan enam negara yang bakal menjadi anggota baru. Keenam negara tersebut adalah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Iran, Ethiopia, Mesir, dan Argentina.

Sebelumnya, keenam negara tersebut memang sudah lama ingin bergabung dengan BRICS. Namun di tahun 2023 ini masing-masing dari presiden dari keenam anggota baru itu berhasil membawa negaranya tergabung ke dalam salah satu kelompok ekonomi besar dunia.

Berikut profil presiden atau kepala negara dari 6 anggota baru BRICS 2023:

1. Mohammed bin Salman, Arab Saudi

Profil Kepala Negara 6 Anggota Baru BRICS, Siapa Saja?

Foto/Reuters

Mohammed bin Salman, yang juga menjabat sebagai Putra Mahkota dan Wakil Perdana Menteri. Dia naik tahta pada Juni 2017 setelah ayahnya, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, mengangkatnya sebagai pewaris takhta.

Dia dikenal sebagai pemimpin reformis yang berusaha untuk memodernisasi negaranya dan meningkatkan hubungan dengan dunia luar. Salah satunya yakni dengan bergabung dengan kelompok BRICS ini.

2. Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Uni Emirat Arab

Profil Kepala Negara 6 Anggota Baru BRICS, Siapa Saja?

Foto/Reuters

Mohamed bin Zayed Al Nahyan telah menjadi Ketua Dewan Eksekutif Abu Dhabi sejak tahun 2004. Ia menjabat sebagai Putra Mahkota Abu Dhabi dari tahun 2004 hingga 2022. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Putra Mahkota Abu Dhabi.

Mohamed bin Zayed Al Nahyanjuga menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Bersenjata UEA dari tahun 1993 hingga 2005, sebelum menjabat sebagai Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Bekerja bersama mendiang Syeikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan dan para penguasa emirat lainnya, Mohamed bin Zayed Al Nahyan telah mendedikasikan hidupnya untuk memajukan pembangunan sosial, ekonomi, dan budaya UEA dengan tujuan mewujudkan masa depan yang lebih aman, berkembang, dan berkelanjutan. untuk negara dan rakyatnya.

Muhammad bin Zayed Al Nahyan adalah seorang pemimpin di antara umatnya, yang memegang teguh keyakinan bahwa kepemimpinan sejati terletak pada pemberdayaan laki-laki dan perempuan untuk menempa jalan mereka sendiri dan membentuk masa depan bangsa. Kepemimpinan yang melayani adalah salah satu kualitasnya yang abadi.

3. Ebrahim Raisi, Iran

Profil Kepala Negara 6 Anggota Baru BRICS, Siapa Saja?

Foto/Reuters

Ebrahim Raisi merupakan Presiden Iran sekaligus Ketua Lembaga Kehakiman di negaranya.Dia terpilih sebagai presiden pada Juni 2023 setelah mengalahkan rival-rivalnya dalam pemilihan umum yang kontroversial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)