Putin Dituding Dalang Tewasnya Prigozhin, Lukashenko Pasang Badan

Minggu, 27 Agustus 2023 - 07:52 WIB
loading...
Putin Dituding Dalang Tewasnya Prigozhin, Lukashenko Pasang Badan
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko yakin jika Presiden Rusia Vladimir Putin tidak terlibat dalam tragedi jatuhnya pesawat yang menewaskan bos Grup Wagner Yevgeny Prigozhin. Foto/Brookong Institutes
A A A
MINSK - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko meyakini jika koleganya dari Rusia, Presiden Vladimir Putin tidak terlibat dalam tragedi jatuhnya pesawat jet yang menewaskan bos tentara bayaran Wagner,Yevneny Prigozhin.

“Saya kenal Putin: Dia penuh perhitungan, sangat tenang, bahkan terlambat,” kata Lukashenko.

“Saya tidak bisa membayangkan Putin yang melakukan hal ini, dan Putin yang harus disalahkan. Itu pekerjaan yang terlalu kasar dan tidak profesional,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (27/8/2023).

Sebelumnya, pada Jumat lalu, Kremlinmengatakan dugaan negara-negara Barat bahwa Prigozhin dibunuh atas perintahnya adalah sebuah “kebohongan mutlak”, dan juga menolak untuk mengkonfirmasi secara pasti kematian pemimpin Wagner tersebut, dengan alasan perlunya menunggu hasil tes.

Mengomentari kematian Prigozhin dalam kecelakaan pesawat di Rusia minggu ini, Lukashenko mengatakan bahwa bos Wagner telah dua kali menepis kekhawatiran yang muncul tentang kemungkinan ancaman terhadap nyawanya.

Lukashenko mengatakan bahwa selama pemberontakan, dia telah memperingatkan Prigozhin bahwa dia akan “mati” jika dia terus bergerak menuju Moskow, dan dia mengatakan bahwa Prigozhin telah menjawab: “'Persetan – saya akan mati'”.

Kemudian, kata Lukashenko, ketika Prigozhin dan Utkin, yang membantu menciptakan Wagner dan juga terdaftar sebagai penumpang di pesawat yang jatuh, datang menemuinya, dia telah memperingatkan mereka berdua: “Anak-anak – hati-hatilah.”



Peringatan Lukashenko, yang dilaporkan oleh kantor berita negara Belarusia BelTA, tidak begitu jelas ketika percakapan itu terjadi dengan para pemimpin Wagner.

Lukashenko, yang merupakan kenalan lama Prigozhin dan sekutu dekat Rusia, mengatakan dia yakin Putin tidak ada hubungannya dengan kecelakaan pesawat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)