Presiden Belarusia Sudah Peringatkan Bos Wagner untuk Berhati-hati

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 17:14 WIB
loading...
Presiden Belarusia Sudah Peringatkan Bos Wagner untuk Berhati-hati
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko sudah memperingatkan kepada bos Wagner. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan bahwa dia memperingatkan pemimpin tentara bayaran Wagner Rusia Yevgeny Prigozhin dan Dmitry Utkin untuk mewaspadai kemungkinan ancaman terhadap nyawa mereka.

Dia juga bersikeras bahwa para anggota tentara bayaran Wagner akan tetap berada di Belarus setelah pemimpin mereka tewas dalam kecelakaan pesawat.

Lukashenko, yang membantu menengahi kesepakatan yang membuat para pejuang Wagner mundur secara damai ke Belarus setelah pemberontakan mereka gagal pada bulan Juni, mengatakan pada saat itu bahwa ia telah membujuk Putin untuk tidak “memusnahkan” Prigozhin dan pasukan bayarannya.

Mengomentari kematian Prigozhin dalam kecelakaan pesawat di Rusia minggu ini, Lukashenko mengatakan pada hari Jumat bahwa bos Wagner telah dua kali menepis kekhawatiran yang muncul tentang kemungkinan ancaman terhadap nyawanya.

Lukashenko mengatakan bahwa selama pemberontakan, dia telah memperingatkan Prigozhin bahwa dia akan “mati” jika dia terus bergerak menuju Moskow. Dia mengatakan bahwa Prigozhin telah menjawab: “'Persetan – saya akan mati'”.

Kemudian, kata Lukashenko, ketika Prigozhin dan Utkin, yang membantu menemukan Wagner dan juga terdaftar sebagai penumpang di pesawat yang jatuh, datang menemuinya, dia telah memperingatkan mereka berdua: “Anak-anak – hati-hatilah”.

Peringatan Lukashenko, yang dilaporkan oleh kantor berita negara Belarusia BelTA, tidak begitu jelas ketika percakapan itu terjadi dengan para pemimpin Wagner.



Lukashenko, yang merupakan kenalan lama Prigozhin dan sekutu dekat Rusia, mengatakan dia yakin Putin tidak ada hubungannya dengan kecelakaan pesawat itu.

“Saya kenal Putin: Dia penuh perhitungan, sangat tenang, bahkan terlambat,” kata Lukashenko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)