Presiden Rusia Vladimir Putin Tak akan ke India untuk Hadiri KTT G20, Apa Alasannya?

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 05:01 WIB
loading...
Presiden Rusia Vladimir Putin Tak akan ke India untuk Hadiri KTT G20, Apa Alasannya?
Presiden Rusia Vladimir Putin secara virtual menghadiri pertemuan informal para pemimpin BRICS. Foto/Sputnik/Mikhail Klimentyev
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin tidak berencana menghadiri pertemuan para pemimpin G20 di India bulan depan secara langsung.

Keputusan itu diungkap juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. Format pasti partisipasi pemimpin Rusia tersebut belum diputuskan, menurut Peskov kepada wartawan pada Jumat (25/8/2023).

KTT di New Delhi dijadwalkan pada 9-10 September dan akan menjadi puncak kepemimpinan India dalam kelompok ekonomi terkemuka dunia.

New Delhi mengambil alih jabatan presiden bergilir dari Indonesia pada bulan Desember lalu.

Pekan ini, Putin berpartisipasi melalui tautan video dalam pertemuan puncak para pemimpin BRICS di Johannesburg, setelah menolak melakukan perjalanan ke Afrika Selatan.

Negara tuan rumah telah mengundang presiden Rusia, meskipun potensi kedatangannya akan menempatkan Afrika Selatan dalam posisi yang sulit karena komitmennya terhadap Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

ICC secara resmi menuduh Putin menculik anak-anak Ukraina. Moskow menolak tuduhan tersebut dan menyebutnya sebagai tuduhan palsu, dan menggambarkan ICC telah dikompromikan secara politik.



Pemerintah Afrika Selatan secara teknis diwajibkan berusaha menahan Putin jika dia menginjakkan kaki di wilayahnya.

Berbeda dengan Afrika Selatan, India belum menandatangani Statuta Roma, perjanjian hukum yang mendasari yurisdiksi ICC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)