Korban Tewas Kebakaran Hutan Hawaii Tembus 115 Jiwa, Penyintas Didesak Serahkan DNA

Kamis, 24 Agustus 2023 - 00:20 WIB
loading...
Korban Tewas Kebakaran Hutan Hawaii Tembus 115 Jiwa, Penyintas Didesak Serahkan DNA
Kebakaran tewas hutan di Hawaii tembus 115 jiwa, para penyintas didesak serahkan DNA untuk membantu identifikasi korban. Foto/The Washington Post
A A A
HONOLULU - Jumlah korban tewas kebakaran hutan dahsyat di Hawaii , Amerika Serikat (AS), terus bertambah. Setidaknya 115 orang secara resmi diketahui tewas akibat kebakaran hutan Maui, namun sekitar 1.100 orang masih belum ditemukan.

Petugas kesehatan setempat pun meminta para penyintas untuk menyerahkan DNA dan sidik jari guna membantu mengidentifikasi para korban yang tewas.

Para petugas penyelamat mengumumkan bahwa setiap bangunan yang rusak akibat kebakaran akan dicari sisa-sisanya sebagai bagian dari upaya pemulihan Hawaii yang lebih besar.

Semua rumah berlantai satu telah digeledah, pihak berwenang mengonfirmasi. Para petugas sekarang akan melanjutkan pencarian di properti bertingkat dan bangunan komersial, kata pihak berwenang dalam pembaruan hari Senin.

Namun pihak berwenang menghadapi tantangan dalam upaya mengkonfirmasi status orang-orang yang belum ditemukan, termasuk berapa banyak orang yang tewas dan berapa banyak yang berhasil selamat tetapi belum check-in.

Otoritas pencarian dan penyelamatan telah meminta warga untuk memberikan sidik jari dan DNA mereka untuk mengidentifikasi kerabat mereka.



Hingga Rabu, hanya 104 sampel DNA yang diserahkan oleh keluarga.

Jaksa penuntut Maui, Andrew Martin, mengatakan bahwa jumlah anggota keluarga yang datang untuk memberikan sampel DNA jauh lebih rendah dibandingkan dengan bencana besar lainnya di seluruh negeri, meskipun alasannya masih belum jelas.

“Itu yang menjadi keprihatinan kami, makanya saya ada di sini hari ini, makanya saya minta bantuan ini,” ujarnya seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (24/8/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)