Aneh, Rumah Kayu Hampir Seabad Ini Satu-satunya yang Selamat dari Kebakaran Hawaii

Rabu, 23 Agustus 2023 - 08:17 WIB
loading...
Aneh, Rumah Kayu Hampir Seabad Ini Satu-satunya yang Selamat dari Kebakaran Hawaii
Rumah kayu berumur hampir seabad di Front Street, Lahaina, jadi satu-satunya bangunan yang selamat dari kebakaran hutan Maui, Hawaii. Foto/Robert Gauthier/Los Angeles Times
A A A
LAHAINA - Kebakaran hutan Maui di Hawaii telah membakar kota Lahaina. Anehnya, ada rumah kayu berumur hampir seabad yang menjadi satu-satunya bangunan yang selamat.

Sejumlah foto menunjukkan bangunan di semua sisi rumah beratap warna merah hancur.

Para pakar mengatakan pekerjaan halaman dan ruang yang luas mungkin telah menyelamatkan bangunan itu. Menurut mereka, itu adalah cara terbaik untuk melindungi rumah dari kebakaran hutan.

Kebakaran hutan yang melanda Maui awal bulan ini menghancurkan kota bersejarah Lahaina, membuat hampir setiap bangunan menjadi puing-puing abu—tetapi satu rumah kayu di tengah kota ini selamat.



"Ketika kita melihat foto-foto ini, kita melihat apa yang telah terbakar. Kita melihat mobil dan rumah, dan kita lalai melihat apa yang tidak terbakar," kata Pat Durland, konsultan dan anggota dewan di organisasi nirlaba Hawaii Wildfire Management Organization kepada Insider, Rabu (23/8/2023).

"Di situlah letak jawabannya," katanya lagi.

Pemilik rumah itu juga terkejut menemukan bangunannya masih berdiri. Sang pemilik mengaku tidak melakukan upaya apa pun untuk membuat rumah itu tahan api.

"Sepertinya itu dipotret," kata pemilik rumah Trip Millikin kepada Honolulu Civil Beat, mengacu pada bagaimana rumah putih beratap merah itu sekarang terlihat, ketika puing-puing mengelilinginya. Bahkan mobil di jalan masuk terlihat mulus.

"Tapi Millikin membuat beberapa pilihan kunci yang berarti rumah ini tidak memenuhi persyaratan untuk pengapian," kata Durland. "Ini bukan keajaiban atau keberuntungan."

Kabar baiknya adalah bahwa banyak pemilik rumah dapat melakukan hal yang sama: jaga jarak setidaknya lima kaki di sekitar rumah benar-benar bebas dari vegetasi atau mulsa yang kering atau mudah terbakar, jaga kebersihan atap dan talang, singkirkan apa pun yang mudah terbakar dari bawah beranda dan geladak, dan pasang saringan jaring 1/8-inci yang tidak mudah terbakar pada ventilasi apa pun ke ruang merangkak atau loteng.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0843 seconds (0.1#10.140)