Presiden Xi Jinping: China Berada di Sisi Benar Sejarah, Hegemoni Tak Ada dalam DNA

Rabu, 23 Agustus 2023 - 22:01 WIB
loading...
Presiden Xi Jinping: China Berada di Sisi Benar Sejarah, Hegemoni Tak Ada dalam DNA
Presiden China Xi Jinping berbicara, saat Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mendengarkan, di Union Buildings menjelang pidato pembukaan pertemuan BRICS, di Pretoria, Afrika Selatan, 22 Agustus 2023. Foto/REUTERS/Alet Pretorius
A A A
JOHANNESBURG - Presiden Xi Jinping menegaskan China akan terus menerapkan kebijakan luar negeri yang independen sembari membangun masa depan bersama bagi umat manusia.

Dia bersikeras Beijing berdiri “di sisi benar dalam sejarah.” Dalam pidato yang disiapkan untuk Forum Bisnis BRICS di Afrika Selatan, Xi menyatakan, “Hegemonisme tidak ada dalam DNA China; China juga tidak memiliki motivasi terlibat dalam persaingan negara-negara besar.”

Xi adalah salah satu pemimpin di Johannesburg yang menghadiri KTT BRICS ke-15. Dia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa pada Selasa (22/8/2023).

Namun, presiden China tidak secara pribadi menghadiri Forum Bisnis BRICS yang diadakan pada hari yang sama, dan pidatonya dibacakan Menteri Perdagangan China Wang Wentao.

Xi menegaskan China akan tetap berkomitmen pada kebijakan luar negeri yang damai dan independen, dengan tujuan “membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.”

Dia menambahkan, “Pintu kami terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin terlibat dalam kerja sama dengan kami.”

“China berdiri teguh di pihak yang benar dalam sejarah, dan percaya bahwa tujuan yang adil harus diupayakan demi kebaikan bersama,” tegas pemimpin China tersebut.



“Kesejahteraan dan pembangunan harus dipromosikan bagi semua anggota komunitas internasional, tetapi beberapa negara, yang terobsesi untuk mempertahankan hegemoninya, telah berupaya keras untuk melumpuhkan EMDC (pasar berkembang dan negara berkembang),” klaim Xi, dalam referensi yang jelas ke Amerika Serikat (AS).

Dia berpendapat, “Segala upaya membendung negara-negara berkembang akan sia-sia, dan kebangkitan kolektif EMDC yang diwakili BRICS secara fundamental mengubah lanskap global.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)