Profil Thaksin Shinawatra, Mantan PM Thailand yang Dipenjara usai Pulang dari Pengasingan

Rabu, 23 Agustus 2023 - 14:21 WIB
loading...
A A A
Thaksin pindah ke Inggris, tetapi tak lama setelah sekutunya memenangkan pemilu pertama pasca-kudeta pada akhir tahun 2007, dia kembali ke Thailand.

Di sana, dia dan keluarganya menghadapi serangkaian tuduhan korupsi—tuduhan yang mungkin tidak diharapkan oleh mantan pemimpin Thailand tersebut.

Namun pengadilan—yang diberi wewenang besar oleh konstitusi baru yang didukung militer—mengajukan kasus-kasus yang memberatkannyakeluarganya dengan semangat baru.

Pertama istrinya, Potjaman, dan kemudian Thaksin sendiri dijatuhi hukuman penjara—dan Mahkamah Agung menyatakan mantan pemimpin tersebut bersalah atas korupsi.

Thaksin meninggalkan Thailand, gagal kembali ke rumah untuk tampil di pengadilan dari Pertandingan Olimpiade di Beijing pada Agustus 2008, dan menjadi buronan.

Sejak menceraikan istrinya—yang sekarang tinggal di Bangkok setelah hukumannya ditangguhkan—dia menghabiskan sebagian besar waktunya di Dubai.

Partai-partai politik yang didukung oleh Thaksin dan dipimpin oleh perwakilannya secara konsisten memenangkan pemilu, tetapi tidak mampu mempertahankan kekuasaan.

Pada tahun 2008, partai Thai Rak Thai dibubarkan oleh pengadilan pada tahun 2008, dan pada tahun itu dua perdana menterinya juga didiskualifikasi.

Perjalanan Partai Rak Thai diteruskan oleh Partai Pheu Thai.

Setelah saudara perempuan Thaksin, Yingluck, menang telak pada pemilu 2011, dia didiskualifikasi oleh pengadilan, dan pemerintahannya digulingkan melalui kudeta kedua. Dia juga tinggal di pengasingan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)