Pertama dalam Tiga Tahun, Pesawat Maskapai Korut Terbang ke Beijing

Rabu, 23 Agustus 2023 - 04:39 WIB
loading...
Pertama dalam Tiga Tahun, Pesawat Maskapai Korut Terbang ke Beijing
Pesawat maskapai Korea Utara (Korut) terbang ke Beijing untuk pertama kalinya dalam tiga tahun. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Sebuah penerbangan berpenumpang Air Koryo dari Pyongyang, Korea Utara , mendarat di Bandara Ibu Kota Beijing, China pada Selasa pagi. Hal itu berdasarkan aplikasi pelacakan Flight Master.

Ini merupakan penerbangan komersial pertama dari Korea Utara (Korut) sejak pandemi Covid-19 dimulai.

Penerbangan JS151 tiba pada pukul 09:17 waktu setempat, lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan. Tidak segera jelas siapa yang ada di pesawat itu seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu (23/8/2023).

Kementerian Luar Negeri China pada Senin lalu mengatakan bahwa Beijing telah menyetujui maskapai penerbangan negara Korea Utara, Air Koryo, untuk melanjutkan penerbangan ke China. Itu terjadi lebih dari tiga tahun setelah penerbangan tersebut dihentikan di tengah pembatasan Covif-19, di tengah tanda-tanda peningkatan kontak antara Korea Utara dengan tetangganya serta mitra dagang terbesarnya itu.



Administrasi Penerbangan Sipil China tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai frekuensi penerbangan Air Koryo ke negara itu di masa depan dan kapan maskapai penerbangan negara China, Air China, dapat kembali menerbangi rute Korea Utara-China.

Lalu lintas kereta kargo dan kapal perlahan meningkat selama setahun terakhir, tetapi Korea Utara baru saja mulai mengizinkan beberapa perjalanan penumpang internasional.

Delegasi pemerintah China dan Rusia terbang ke Pyongyang bulan lalu dan minggu lalu bus yang membawa atlet Korea Utara ke turnamen taekwondo di Kazakhstan melintasi perbatasan ke China.

Air Koryo juga telah menjadwalkan penerbangan ke Vladivostok pada hari Jumat, kata seorang diplomat kepada Reuters, yang akan menjadi penerbangan pertamanya ke Rusia sejak pandemi.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)