Turki Komentari Kemungkinan Intervensi Militer Asing di Niger

Selasa, 22 Agustus 2023 - 21:01 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan blok tersebut akan melanjutkan upayanya melibatkan penguasa militer baru Niger secara damai setelah pertemuan para kepala pertahanan di Accra, Ghana, untuk menyelesaikan rincian misi militer yang direncanakan.

Kecuali Mali, Burkina Faso, Guinea, dan Chad, semua negara anggota lainnya bersedia menyediakan pasukan untuk pasukan siaga, menurut pejabat kelompok tersebut.

Dalam upaya diplomasi baru untuk menyelesaikan krisis ini, delegasi perdamaian ECOWAS bertemu dengan penguasa militer Niger di Niamey pada Sabtu.

Jenderal Abdourahamane Tchiani, pemimpin pemerintahan militer baru, menyatakan keyakinannya setelah pertemuan tersebut bahwa ia dapat bekerja sama dengan ECOWAS untuk menemukan jalan keluar dari krisis saat ini.

Namun, dia melanjutkan dengan mengumumkan proposal transisi ke pemerintahan sipil dalam waktu tiga tahun.

Dia memperingatkan, meskipun Niamey tidak tertarik pada perang, namun Niamey siap mempertahankan diri dari “agresi” eksternal.

ECOWAS menolak rencana transisi tersebut pada Minggu, dan komisioner urusan politik blok tersebut mengatakan hal tersebut tidak dapat diterima.

Blok itu memperingatkan, “Semakin awal (pemimpin kudeta) memberikan kembali kekuasaan kepada warga sipil, semakin baik bagi mereka.”
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)