alexametrics

Trump Mengaku Tak Paham Mengapa AS Harus Lindungi Jerman dari Rusia

loading...
Trump Mengaku Tak Paham Mengapa AS Harus Lindungi Jerman dari Rusia
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, dia tidak mengerti mengapa AS harus membela Jerman dari Rusia. Foto/REUTERS
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, dia tidak mengerti mengapa AS harus membela Jerman dari Rusia. AS memutuskan menarik belasan ribu pasukan mereka dari Jerman dan memindahkan ke negara Eropa lainnya.

"Jerman membayar Rusia miliaran dolar setahun untuk energi dan kita seharusnya melindungi Jerman dari Rusia. Tentang apa semua itu?" ucap Trump, mengomentari keputusan Washington untuk menarik sebagian pasukan AS dari Jerman.

(Baca juga: Keren, Santri di Pasuruan Dapat Beasiswa Dirgantara di Rusia)

Trump, seperti dilansir Tass pada Kamis (30/7/2020), kemudian mengecam Berlin karena tidak menghabiskan dana dalam jumlah yang cukup untuk mendukung NATO. "Juga, Jerman menunggak biaya 2% untuk NATO. Karena itu kami memindahkan beberapa pasukan dari Jerman!" ujarnya.



Sebelumnya, Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengatakan, AS berencana untuk menarik 12.000 personel militer dari Jerman. Namun, sebagian dari mereka akan ditempatkan di negara Eropa lainnya, yang beberapa diantaranya berdekatan dengan Rusia.

"EUCOM (Komando Eropa) saat ini merencanakan reposisi sekitar 11.900 personel militer dari Jerman," kata Menteri Pertahanan AS, Mark Esper.



(Baca juga: Tambah Kusut, DPR Jepang Serentak Suarakan Blokir TikTok)

Menurutnya, pasukan AS akan mulai meninggalkan Jerman hanya dalam beberapa pekan dan kemudian akan dipindahkan ke Belgia, dan Italia di tengah rencana Pentagon untuk menempatkan beberapa dari mereka lebih dekat ke perbatasan Rusia.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak