Malaysia Buru 4 Warga Korut Terduga Otak Pembunuhan Kim Jong-nam

Minggu, 19 Februari 2017 - 17:57 WIB
Malaysia Buru 4 Warga Korut Terduga Otak Pembunuhan Kim Jong-nam
Malaysia Buru 4 Warga Korut Terduga Otak Pembunuhan Kim Jong-nam
A A A
KUALA LUMPUR - Pihak kepolisian Malaysia menyatakan, mereka tengah memburu 4 orang warga Korea Utara (Korut) terduga otak pembunuhan Kim Jong-nam. Kepolisian Malaysia mengaku akan bekerjasama dengan Interpool untuk menemukan dan menangkap keempat orang itu.
"Saya bisa mengkonfirmasi, hari ini mereka (4 tersangka Korut) telah meninggalkan Malaysia pada hari yang sama insiden itu terjadi. Keempat tersangka memegang paspor biasa, mereka bukan pemegang paspor diplomatik," kata Wakil Inspektur Jenderal polisi Noor Rashid Ismail, seperti dilansir Reuters pada Minggu (19/2).
"Rencana berikutnya adalah untuk mendapatkan mereka. Kami tentu saja memiliki kerjasama internasional terutama dengan Interpol, keterlibatan bilateral dengan negara yang terlibat, kita akan bekerjasama dengan mereka untuk menemukan orang-orang yang terlibat dalam pembunuhan," sambungnya.
Dia juga mengatakan, penyebab pasti kematian Jong-nam masih belum diketahui, dan mereka sedang menunggu hasil tes patologi dan toksikologi setelah melakukan post-mortem. Sempat dikabarkan Jong-nam tewas karena diracun.
Sebelunya diwartakan, keempat warga Korut itu menyaksikan dari dekat saat dua wanita asing melakukan misi pembunuhan saudara tiri dari pemimpin Korut, Kim Jong-un itu.
Rekaman CCTV menunjukkan tiga orang warga Korut menyaksikan dari sebuah restoran Bibik Heritage yang jaraknya hanya 50 meter dari TKP di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2). Mereka terlihat berada di restoran sejak pukul 07.30 sampai pembunuhan itu dilakukan. Sedangkan orang keempat membuntuti Jong-nam dari jarak sangat dekat saat pembunuhan berlangsung.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3750 seconds (0.1#10.140)