Rekrut Agen, Intelijen Korut Dilaporkan Gentayangan di Jakarta

Jum'at, 17 Februari 2017 - 10:52 WIB
Rekrut Agen, Intelijen Korut Dilaporkan Gentayangan di Jakarta
Rekrut Agen, Intelijen Korut Dilaporkan Gentayangan di Jakarta
A A A
JAKARTA - Intelijen Korea Utara (Korut) dilaporkan telah beroperasi di Malaysia, Singapura dan Indonesia selama dua dekade terakhir untuk merekrut para agen. Intelijen Korut yang bernama Reconnaissance General Bureau (RGB) ini bahkan disebut aktif beroperasi di Jakarta.

RGB adalah badan intelijen Korut yang mengelola operasi rahasia negara komunis tersebut.

Untuk berbaur dan menyamarkan diri mereka di Malaysia dan Singapura, para mata-mata RGB sangat berkualitas. Mereka merangkap sebagai insinyur dan konsultan teknis di industri konstruksi. Ada juga yang mengoperasikan restoran Korea.

”Mereka menggunakan restoran sebagai front utama untuk melakukan pengumpulan intelijen dan pengawasan, menargetkan politisi Jepang dan Korea Selatan, diplomat, tokoh korporat tinggi dan pengusaha yang berkunjung atau yang berbasis di negara-negara ini,” tulis media Malaysia, The Star, Jumat (17/2/2017), mengutip seorang sumber yang terkait operasi intelijen.

RGB berada di bawah kewenangan Departemen Keamanan Negara Korut. RGB memberikan laporan langsung ke pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un.

Di Indonesia, kata sumber itu, RGB juga dikenal melakukan operasi di pabrik tekstil di kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta.

”Salah satunya terletak di atas sebuah restoran Korea Utara di Jakarta Pusat, itu adalah bagian dari kantor RGB Indonesia,” ujar sumber itu.

Untuk membiayai jaringan yang rumit, sambung sumber tersebut, RGB juga telah terlibat dalam penyelundupan narkoba. Ini terungkap setelah gagal menyelundupkan 125 kg heroin ke Australia melalui Pong Su, sebuah kapal komersial, pada tahun 2003.

Sumber itu mengatakan bahwa penyelidikan oleh polisi Australia mengungkapkan RGB telah menggunakan Port Klang sebagai tempat transit. Kota itulah, narkoba dibedah, dikemas ulang dan diselundupkan ke negara-negara lain.

Meski demikian, belum ada keterangan resmi apakah RGB merekrut Siti Aisyah alias Siti Aishah, wanita asal Serang, Jawa Barat. Siti jadi salah satu tersangka pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Kim Jong-un di Kuala Lumpur pada Senin lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3568 seconds (0.1#10.140)