Liga Arab Peringatkan Trump Soal Pemindahan Kedubes AS di Israel

Kamis, 16 Februari 2017 - 22:12 WIB
Liga Arab Peringatkan Trump Soal Pemindahan Kedubes AS di Israel
Liga Arab Peringatkan Trump Soal Pemindahan Kedubes AS di Israel
A A A
RIYADH - Liga Arab memperingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengenai rencana pemindahan Kedutaan Besar AS di Israel. Liga Arab menyebut pemnindahan kedubes AS akan berbahaya bagi keamanan di kawasan Timur Tengah.
"Memindahkan kedubes Israel ke Yerusalem akan membuat situasi di Timur Tengah meledak," kata Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (16/2).
Saat melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Trump kembali mengaku masih mempertimbangkan rencana untuk memindahkan kantor perwakilan AS itu, dari Tel Aviv ke Yerusalem.
"Dia (Trump) menyatakan masih mempertimbangkan hal ini (pemindahan kedubes)," kata Netanyahu paska melakukan pertemuan dengan Trump di Washington.
Pemindahan kedubes AS ke Yerusalem sendiri merupakan salah satu hal yang disampaikan Trump saat kampanye pilpres lalu. Rencana ini mendapat tentangan dari dunia internasional.
PBB, Uni Eropa, Yordania, dan tentu saja Palestina adalah beberapa pihak yang menolak pemindahan kedubes tersebut. Selain karena bisa menyebabkan situasi Timur Tengah meledak, pemindahan kedubes ini juga adalah pengakuan tidak langsung Yerusalem sebagai ibukota Israel. Dimana, sejatinya Yerusalem juga merupakan ibukota Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4500 seconds (0.1#10.140)