Lawan Penjajahan Israel, Venezuela Buka Kedutaan Besar di Palestina

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 15:53 WIB
loading...
Lawan Penjajahan Israel, Venezuela Buka Kedutaan Besar di Palestina
Palestina membutuhkan dukungan diplomasi dari banyak negara. Foto/Reuters
A A A
YERUSALEM - Venezuela meningkat perwakilan diplomatiknya di Palestina dari kantor perwakilan menjadi Kedutaan Besar. Itu diumumkan Kementerian Luar Negeri Palestina.

Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina, Riyad Al-Malki, menyambut baik "keputusan bersejarah", mengatakan itu "dibangun di atas hubungan bersejarah yang mengikat kedua negara sahabat dan rakyatnya".

"Venezuela selalu berdiri oleh rakyat Palestina dan menganggap perjuangan Palestina sebagai inti dari kepentingannya," katanya dilansir Middle East Monitor.



Kementerian Luar Negeri Palestina juga memuji keputusan tersebut, menggambarkannya sebagai terjemahan dari pengakuan Venezuela atas Negara Palestina pada tahun 2009. Itu juga sebagai cerminan dari hubungan sejarah yang mengakar kuat antara kedua negara sahabat tersebut.

Riyad menambahkan bahwa keputusan tersebut mencerminkan dukungan Venezuela yang teguh untuk Negara Palestina dan hak-hak rakyat Palestina di semua tingkatan.

Riyad mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pemimpin, rakyat, dan Presiden Republik Venezuela atas dukungan tak terbatas mereka untuk rakyat Palestina dan tujuan mereka yang adil.



"Kita juga berterima kasih atas keputusan berani yang berkontribusi pada perwujudan Negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, terutama mengingat upaya untuk melikuidasi perjuangan Palestina," kata Riyad.

Pada tahun 2009, Venezuela memutuskan semua hubungan diplomatik dengan Israel dan mengusir duta besarnya dan semua staf diplomatik dari Caracas dengan latar belakang agresi di Jalur Gaza.

Negara tersebut memulai perwakilan diplomatiknya di Palestina dengan membuka Konsulat Jenderal di Ramallah pada tahun 2005 dan menunjuk perwakilan pertamanya pada tahun 2006.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)