Nekat Terus Bertempur, Lukashenko: Ukraina Bisa Kehilangan Segalanya

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 17:02 WIB
loading...
Nekat Terus Bertempur, Lukashenko: Ukraina Bisa Kehilangan Segalanya
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko memperingatkan Ukraina akan kehilangan segalanya jika memilih terus melanjutkan perang. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
MINSK - Presiden Belarusia , Alexander Lukashenko memperingatkan, Ukraina bisa bisa kehilangan semua wilayahnya jika memilih untuk melanjutkan pertempuran. Ia menambahkan bahwa dia sedih melihat negara dengan begitu banyak potensi dihancurkan oleh oligarki.

Dalam sebuah wawancara YouTube selama dua jam di Minsk, jurnalis Ukraina Diana Panchenko bertanya kepada Lukashenko apa yang harus dilakukan Ukraina untuk mempertahankan kenegaraannya.

“Langkah pertama adalah mengakhiri perang,” jawab Lukashenko.

“Ya, Anda dapat terus memperjuangkan wilayah ini,” katanya sambil menunjuk ke Donbass, Kherson, dan Zaporozhye di peta.

“Aku tidak memberitahumu untuk menyerah atau apa pun. Tapi pilih metode lain. Jika Anda berjuang untuk wilayah ini, Anda akan kehilangan itu,” tambahnya sambil menunjuk ke wilayah yang lebih jauh ke barat seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (18/8/2023).



Pemerintah Ukraina bersikeras untuk memulihkan perbatasan tahun 1991, yang berarti Donetsk, Lugansk, Kherson, dan Zaporozhye – yang memilih untuk bergabung dengan Rusia pada September 2022 – serta Crimea, yang melakukannya pada tahun 2014 sebagai tanggapan atas kudeta yang didukung AS di Kiev, kembali ke negara itu.

Menunjuk ke peta, Lukashenko menjelaskan bahwa Rusia dapat menghancurkan militer Ukraina di garis depan, kemudian bergerak untuk memotong Kiev dari laut dengan merebut Odessa, sementara Polandia akan "menggosok tangannya dengan gembira" dan dengan dukungan AS pindah ke wilayah wilayah barat.

"Ukraina seperti yang kita tahu akan lenyap," tambahnya.

Tujuan utama Rusia di Ukraina telah tercapai, kata Lukashenko sebelumnya dalam wawancara, menjelaskan bahwa Moskow tidak dapat menerima rezim yang agresif dan bermusuhan di depan pintunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)