Lewat China, Jepang Sampaikan Protes Uji Coba Rudal Korut

Minggu, 12 Februari 2017 - 10:44 WIB
Lewat China, Jepang Sampaikan Protes Uji Coba Rudal Korut
Lewat China, Jepang Sampaikan Protes Uji Coba Rudal Korut
A A A
TOKYO - Jepang akan melakukan protes keras ke Korea Utara (Korut) lewat rute diplomatik melalui China. Demikian pernyataan pejabat Jepang setelah Pyongyang menembakkan rudal balistik ke laut lepas di pantai timur.

Berbicara kepada wartawan, Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan, peluncuran rudal Korut adalah tindakan yang jelas provokasi ke Jepang dan daerah. Peluncuran rudal itu bertepatan dengan pertemuan puncak antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dikutip dari Reuters, Minggu (12/2/2017).

Sebagai sekutu diplomatik utama Pyongyang, China adalah kunci untuk setiap upaya untuk mengekang program rudal Korut.

Seperti diwartakan sebelumnya, militer rezim Korut yang dipimpin Kim Jong-un telah menembakkan rudal balistik pagi ini ke arah Laut Jepang. Manuver Korut itu dipantau militer Korea Selatan (Korsel).

Sumber-sumber militer Korsel seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, belum bisa menentukan jenis rudal balistik yang ditembakkan militer Korut pagi ini. Namun, rudal berbahaya itu diketahui ditembakkan sekitar pukul 07.55 waktu Korea.

Baca Juga: Pagi Ini, Rezim Kim Jong-un Tembakkan Rudal Balistik

Ini adalah uji coba rudal balistik pertama Korut di masa pemerintahan Donald Trump. Uji tembak rudal balistik rezim Kim Jong-un ini terjadi setelah diktator muda Pyongyang tersebut membuat pengumuman pada Tahun Baru lalu bahwa uji tembak rudal balistik segera dilakukan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5133 seconds (0.1#10.140)