Perbandingan Kekuatan Militer China, Jepang, Korea Utara dan Korea Selatan, Mana yang Paling Kuat?

Jum'at, 01 September 2023 - 20:06 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer China, Jepang, Korea Utara dan Korea Selatan, Mana yang Paling Kuat?
Rudal ditampilkan selama parade militer untuk menandai ulang tahun ke-75 berdirinya tentara Korea Utara, di Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, Korea Utara, 8 Februari 2023. Foto/KCNA/REUTERS
A A A
BEIJING - Perbandingan kekuatan militer antara China, Jepang, Korea Utara (Korut), dan Korea Selatan (Korsel) ini menarik untuk diketahui, mengingat keempat negara tersebut adalah negara superior di kawasan Asia Timur.

Selain menjadi negara yang cukup superior, keempat negara ini juga punya hubungan yang buruk. Baik itu dari sisi China dan Jepang maupun dari kubu Korea Selatan dan Korea Utara.

Dua pasang negara ini memang telah menjadi musuh bebuyutan, di mana semuanya berawal dari Perang Dunia II.

Saat ini keempat wilayah di Asia Timur itu telah dikenal sebagai negara yang punya kekuatan militer besar.

Perbandingan Kekuatan Militer China, Jepang, Korea Utara dan Korea Selatan

1. China


China menjadi negara terkuat di wilayah Asia Timur menurut Global Fire Power dengan menduduki peringkat ke-3 dunia, tepat di bawah Amerika Serikat dan Rusia.

Hal tersebut membuat kekuatan militer China berada di atas angin bila dibandingkan dengan negara seperti Jepang, Korea Selatan, maupun Korea Utara.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya anggota militer yang dimiliki, yakni mencapai lebih dari 624 juta personel. Mereka juga didukung dengan 4.950 tank dan ribuan persenjataan artileri.

Dari sisi angkatan udara, Tiongkok punya lebih dari 1.000 pesawat tempur, dan 913 helikopter penyerang. Untuk armada angkatan lautnya, China didukung oleh 78 kapal selam, 50 destroyer, dan tiga kapal induk.

2. Jepang


Setelah China, Jepang menjadi negara yang punya kekuatan terbesar selanjutnya di Asia Timur. Negeri Sakura menduduki posisi ke-8 dunia dalam situs Global Fire Power.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)