Mantan Jenderal Rusia yang Awasi Pembangunan Istana Putin Meninggal di Penjara

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 03:08 WIB
loading...
Mantan Jenderal Rusia yang Awasi Pembangunan Istana Putin Meninggal di Penjara
Gennady Lopyrev (kiri), mantan jenderal Rusia yang juga mantan bodyguard Kremlin, meninggal saat menjalani hukuman di penjara. Dia pernah bertugas mengawasi pembangunan istana Presiden Vladimir Putin. Foto/East2West
A A A
MOSKOW - Seorang mantan jenderal Rusia yang mengawasi pembangunan salah satu istana Presiden Vladimir Putin meninggal pada usia 69 tahun saat menjalani hukuman di penjara.

Gennady Lopyrev, yang juga mantan bodyguard Kremlin, telah menjalani hukuman penjara 10 tahun sejak 2017 atas tuduhan suap yang selalu dia bantah.

Dia meninggal di tahanan dekat Ryazan, sebuah kota yang terletak sekitar 125 mil tenggara Moskow, setelah sakit yang tidak ditentukan. Kematiannya diungkap Viktor Boborykin, dari Komisi Pemantauan Publik.

Boborykin mengatakan Lopyrev merasa tidak enak badan pada 16 Agustus dan meninggal. Dia sempat dibawa dengan ambulans ke rumah sakit sebagai upaya untuk menyelamatkannya.



Namun upaya tersebut gagal. Boborykin tidak merinci penyakit apa yang diderita sang mantan jenderal.

Sebelum dihukum penjara, Lopyrev mengawasi keamanan di Rusia, dan juga mengawasi pembangunan istana Putin di area yang sama.

Sebagai mantan kepala Badan Keamanan di Kaukasus di Badan Perlindungan Federal Rusia [FSO], Lopyrev bertugas memastikan keamanan fasilitas negara di Rusia selatan, termasuk kediaman presiden dan perdana menteri.

Lopyrev dilaporkan mengawasi pembangunan di salah satu tempat tinggal mewah Putin; Istana Gelendzhik dekat Sochi, Rusia selatan.

Channel Telegram VChK-OGPU, yang memiliki hubungan dekat dengan pasukan keamanan Rusia, mengatakan kediaman itu dikenal sebagai "Istana Putin" setelah penyelidikan oleh tim pemimpin oposisi Alexei Navalny.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)