Bank Irlandia Error, Banyak Nasabah Bisa Tarik Uang Melebihi Saldo

Kamis, 17 Agustus 2023 - 22:30 WIB
loading...
A A A
"Transfer dan penarikan ini akan diterapkan ke rekening pelanggan hari ini," kata pihak bank dalam pernyataan pada hari Rabu.

“Kami mendesak setiap pelanggan yang mungkin mengalami kesulitan keuangan karena penarikan berlebihan pada rekening mereka untuk menghubungi kami.”

Di luar penarikan, masalah teknis juga memengaruhi banyak layanan aplikasi online dan seluler. Di media sosial, sejumlah pelanggan yang frustrasi melaporkan tidak dapat mengakses rekening mereka atau melihat pembayaran. Beberapa menekankan kesulitan membeli makanan dan kebutuhan pokok lainnya tanpa dapat memeriksa saldo rekening mereka—dan yang lain mencatat bahwa ini bukan pertama kalinya masalah teknis di bank berdampak pada mereka, menunjuk ke kesalahan Juni yang juga memutus akses ke layanan daring.

Bank of Ireland mengatakan bahwa layanan online-nya berfungsi kembali pada hari Rabu, tetapi aplikasi bank mungkin lambat karena bank terus mengejar pemrosesan pembayaran.

"Kami dengan tulus meminta maaf atas gangguan yang disebabkan pemadaman ini—kami tahu kami jauh di bawah standar yang diharapkan pelanggan kami dari kami," kata pihak bank.

Menteri Keuangan Irlandia Michael McGrath kemudian mengumumkan bahwa dia telah meminta Bank Sentral Irlandia, yang mengatur Bank of Ireland, untuk membuat "perhitungan penuh" atas gangguan tersebut dan apa yang dapat dilakukan untuk menghindari masalah seperti itu di masa mendatang.

"Penyedia layanan keuangan harus melakukan apapun yang diperlukan untuk memastikan kesinambungan layanan bagi pelanggan mereka," kata McGrath dalam sebuah pernyataan.

“Gangguan terhadap layanan perbankan dapat berdampak signifikan terhadap kehidupan pribadi masyarakat dan terhadap jalannya bisnis. Nasabah sudah sepatutnya mengharapkan kualitas layanan yang tinggi dan dapat memiliki akses layanan yang tidak terputus," paparnya.

Dalam pernyataan hari Rabu, Bank Sentral mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang memantau situasi dan telah memulai proses pembuatan akun penuh atas insiden minggu ini dengan Bank of Ireland.

“Ketika terjadi masalah yang berdampak pada pelanggan, kami mengharapkan bank untuk segera memperbaiki masalah tersebut,” kata regulator tersebut. “Kami meminta bank untuk memperbaikinya jika mereka telah membuat kesalahan atau menyebabkan kerugian pelanggan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)