Masyarakat Indonesia Antusias Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan di KBRI Kuala Lumpur

Kamis, 17 Agustus 2023 - 20:00 WIB
loading...
Masyarakat Indonesia Antusias Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan di KBRI Kuala Lumpur
Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono, memimpin langsung upacara HUT Kemerdekaan di KBRI Kuala Lumput. Foto/Dok.KBRI Kuala Lumpur
A A A
KUALA LUMPUR - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur mengadakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-78. Puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan RI adalah upacara pengibaran bendera Merah Putih di halaman KBRI Kuala Lumpur tepat pukul 09.30 waktu setempat pada Kamis (17/8/2023).

Dalam keterangan tertulis KBRI Kuala Lumpur menyatakan Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono, memimpin langsung upacara dengan Kapten Inf. Bhayu August Wibawa, lulusan Akademi Militer tahun 2011, bertindak selaku Komandan Upacara. Sedangkan pengibaran bendera dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera dari siswa-siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL).

Seluruh peserta upacara yang berjumlah 500-an orang berasal dari semua unsur diantaranya: Home Staf dan Lokal Staf KBRI Kuala Lumpur, Dharma Wanita Persatuan, perwakilan Parpol Indonesia di Malaysia, perwakilan organisasi masyarakat Indonesia di Malaysia, Guru dan Siswa SIKL, Pramuka, Pasukan dari Pusat Misi Pemelihara Perdamaian TNI (PMPP-TNI), dan atlet Taekwondo Indonesia.

Para peserta mengikuti dengan hikmat jalannya upacara pengibaran bendera Merah Putih. Dalam upacara ini banyak peserta mengenakan baju nasional dan baju daerah, termasuk Duta Besar RI yang mengenakan baju Sasak dari Lombok, NTB.



Usai upacara pengibaran bendera, acara dilanjutkan dengan kegiatan syukuran dengan pemotongan tumpeng. Empat lokal staf teladan menerima potongan tumpeng pertama dari Duta Besar RI.

Dalam sambutannya Dubes RI mengajak masyarakat Indonesia di Malaysia untuk terus saling bahu membahu membangun Indonesia yang lebih maju guna mewujudkan visi Indonesia Emas 2045 menjadi negara yang berdaulat, maju adil dan makmur.

Dikatakan pula dalam suasana HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini diharapkan masyarakat Indonesia di Malaysia dapat menjaga terlaksananya Pemilu 2024 yang damai dan rukun untuk memilih pemimpin terbaik yang membawa Indonesia terus maju.

Dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78 sejak bulan Juli 2023 juga telah diselenggarakan kegiatan lomba anak-anak termasuk KBRI KL Got Talent yang diikuti cukup banyak peserta. Juga kegiatan olah raga yang diikuti oleh unsur dari masyarakat Indonesia di Malaysia. Gedung KBRI Kuala Lumpur sendiri telah dipercantik dengan berbagai hiasan merah putih sejak awal Agustus 2023.

(ian)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1966 seconds (0.1#10.140)
pixels