Buntut Pembakaran Gereja, Pakistan Kerahkan Pasukan Jaga Umat Kristen

Kamis, 17 Agustus 2023 - 14:58 WIB
loading...
Buntut Pembakaran Gereja, Pakistan Kerahkan Pasukan Jaga Umat Kristen
Pakistan kerahkan pasukan untuk menjaga umat Kristen setelah massa Muslim membakar gereja. Foto/REUTERS
A A A
LAHORE - Pasukan paramiliter telah mengepung sebuah pemukiman umat Kristen di Pakistan timur di mana massa Muslim merusak dan membakar beberapa gereja dan sejumlah rumah setelah menuduh dua warganya menodai al-Quran.

Serangan itu terjadi di Jaranwala, kawasan industri Faisalabad pada hari Rabu kemarin, dan berlanjut selama lebih dari 10 jam tanpa campur tangan polisi yang berada di tempat kejadian, kata warga dan tokoh masyarakat. Polisi membantah tuduhan itu, mengatakan pasukan keamanan telah mencegah situasi yang lebih buruk.

Para perusuh menuntut agar kedua tersangka yang kabur dari rumahnya diserahkan kepada mereka.



Warga mengatakan ribuan umat Islam yang dipimpin oleh ulama setempat membawa tongkat besi, tongkat, pisau dan belati selama kerusuhan.

Sebuah pernyataan pemerintah provinsi mengatakan pasukan paramiliter dikerahkan untuk membantu polisi mengendalikan situasi.

Menurut juru kamera Reuters TV, pasukan telah menutup komunitas Kristen, memblokir semua titik masuk dan keluar dengan kawat berduri.

Lebih dari 100 orang yang diduga terlibat dalam kerusuhan telah ditangkap, kata pernyataan pemerintah, menambahkan bahwa penyelidikan juga telah diperintahkan atas insiden tersebut.



Penghujatan dapat dihukum mati di Pakistan dan meskipun tidak ada yang pernah dieksekusi karena itu, banyak orang yang dituduh telah digantung oleh massa yang marah. Seorang mantan gubernur provinsi dan menteri kelompok minoritas juga telah ditembak mati karena tuduhan penistaan.

Kelompok HAM mengatakan tuduhan penistaan agama terkadang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Ratusan orang mendekam di penjara setelah dituduh melakukan kejahatan karena hakim sering menunda persidangan, takut akan pembalasan jika dianggap terlalu lunak, kata mereka.

"Amerika Serikat sangat prihatin bahwa gereja dan rumah menjadi sasaran," kata Wakil Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel pada hari Rabu seperti dikutip dari Reuters, Kamis (17/8/2023).

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)