AS Pertimbangkan Masukkan Pengawal Revolusi Iran ke Daftar Teroris

Rabu, 08 Februari 2017 - 11:51 WIB
AS Pertimbangkan Masukkan Pengawal Revolusi Iran ke Daftar Teroris
AS Pertimbangkan Masukkan Pengawal Revolusi Iran ke Daftar Teroris
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tengah mempertimbangkan proposal untuk memasukkan Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) sebagai organisasi teroris. Demikian pernyataan pejabat AS.

Para pejabat mengatakan beberapa instansi pemerintah AS telah berkonsultasi tentang proposal tersebut. Jika proposal ini diterapkan akan menambah langkah-langkah yang akan dikenakan AS kepada individu dan lembaga yang terkait dengan IRGC seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/2/2017).

Gedung Putih belum memberikan tanggapan terhadap laporan ini. Sedangkan Iran sendiri telah membantah keterlibatannya dalam terorisme.

IRGC adalah lembaga keamanan yang paling kuat di Iran. Lembaga keamanan ini juga memiliki kontrol atas saham besar dalam perekonomian Iran dan mempunyai pengaruh yang besar dalam sistem politik.

AS sendiri sebelumnya telah memasukkan puluhan lembaga dan orang-orang yang terkait dengan IRGC. Pada tahun 2007, Departemen Keuangan AS menyebut Pasukan Quds IRGC mendukung terorisme. Kelompok ini disebut menjadi kepanjangan tangan Iran untuk melaksanakan kebijakan mendukung teroris dan kelompok pemberontak. Pasukan Quds sendiri adalah satuan elit yang bertanggung jawab atas operasi di luar negeri.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2910 seconds (0.1#10.140)